Waspadai Hujan Lebat dan Angin Kencang di Wilayah Jatim Hari Ini

Deny Prastyo Utomo - detikNews
Senin, 22 Feb 2021 09:46 WIB
bmkg juanda
Foto: Tangkapan Layar
Surabaya - Cuaca daerah di Jatim diperkirakan berbeda mulai pagi hingga malam hari. Cuacanya mulai dari cerah hingga hujan lebat disertai petir.

Pagi hingga sore hari cuaca diperkirakan cerah, berawan, hujan ringan-sedang, dan hujan lebat disertai petir.

"Malam hari cuaca diprakirakan cerah, berawan, berkabut, hujan ringan-sedang, dan hujan lebat disertai petir. Sedangkan pada dini hari cuaca diprakirakan cerah, berawan, berkabut, hujan ringan-sedang, dan hujan lebat disertai petir," dalam laman Website BMKG Klas I Juanda yang dilihat detikcom, Senin (23/2/2021).

Suhu udara berkisar 15-32 °C dengan kelembapan udara mencapai 60-100%. Sedangkan angin dominan dari barat-barat daya dengan kecepatan 5-40 km/jam.

BMKG Klas I Juanda juga mengeluarkan peringatan dini agar mewaspadai hujan dengan intensitas sedang hingga lebat disertai petir dan angin kencang sesaat terjadi di wilayah di Jatim.

"Waspadai hujan intensitas sedang hingga lebat disertai petir dan angin kencang sesaat," tulis BMKG Klas I Juanda.

Hujan intensitas sedang hingga lebat disertai petir dan angin kencang sesaat pada pagi hari diperkirakan terjadi di Pulau Bawean, Nganjuk, Magetan, Pacitan, Kabupaten Probolinggo dan Sampang.

Sedangkan siang-sore hari diperkirakan terjadi di wilayah Surabaya, Sidoarjo, Kota Mojokerto, Kabupaten Mojokerto, Gresik, Lamongan, Tuban, Bojonegoro, Jombang, Nganjuk, Kabupaten Madiun, Kota Madiun, Ngawi, Magetan, Ponorogo, Pacitan, Trenggalek, Tulungagung, Kabupaten Blitar, Kota Blitar, Kabupaten Kediri.

Hujan dengan intensitas sedang hingga lebat disertai petir dan angin kencang sesaat juga diprakirakan terjadi di wilayah Kota Kediri, Kabupaten Malang, Kota Malang, Kabupaten Pasuruan, Kota Pasuruan, Kabupaten Probolinggo, Kota Probolinggo, Lumajang, Jember, Bondowoso, Situbondo, Banyuwangi, Bangkalan, Pamekasan, Sampang, dan Sumenep.

Lalu pada malam hari, hujan dengan intensitas sedang hingga lebat disertai petir dan angin kencang sesaat diperkiraan terjadi di wilayah Kabupaten Mojokerto, Nganjuk, Ponorogo, Pacitan, Kota Kediri, Kabupaten Malang, Batu, Kabupaten Pasuruan, Kabupaten Probolinggo, Lumajang, Bondowoso dan Situbondo. Sedangkan dini hari wilayah Pulau Bawean dan Kabupaten Pasuruan.

Simak video 'BMKG: Banyak Masyarakat Abaikan Peringatan Dini Cuaca':

[Gambas:Video 20detik]



(iwd/iwd)