Harga Cabai di Pasaran Pedas Sekali, Disperindag Surabaya Sebut Faktor Cuaca

Deny Prastyo Utomo - detikNews
Selasa, 23 Feb 2021 08:50 WIB
Harga cabai di sejumlah pasar di Surabaya mengalami kenaikan. Pedagang menduga, naiknya harga cabai karena daerah pemasok dilanda bencana.
Harga cabai di Surabaya melonjak (Foto file: Esti Widiyana/detikcom)

Wiwik menjelaskan, stok cabai di beberapa pasar di Surabaya, rata-rata di stok dari wilayah Blitar, Jawa Timur. Atas melonjaknya harga cabai ini, Wiwik mengharapkan disikapi berbagai pihak. Hal ini untuk membantu harga cabai menjadi stabil.

"Ini harus disikapi tidak hanya satu institusi saja. Kita mesti tahu, setiap tahun itu, bulan-bulan untuk musim hujan itu bulan apa. Jadi pola tanam dan sebagainya ini, juga menjadi bagian dari perencanaan ke depan untuk meminimalisir situasi seperti ini. Jadi musim tanam diatur dan harus bergandengan tangan dengan pemerintah untuk penerapannya," ungkap Wiwik.

Tidak hanya itu, Wiwik menjelaskan salah satu bentuk antisipasi kenaikan cabai, yakni ketika stok barang melimpah harus diolah menjadi produk kemasan yang lain atau dikeringkan.

"Itu juga harus menjadi satu langkah ke depan. Sebetulnya tiap tahun kita juga mengalami situasi seperti ini," ujar Wiwik.

Dia memastikan, meski saat ini harga cabai melonjak di pasar, hal tersebut tidak mempengaruhi harga komoditi yang lainnya di pasaran.

"Untuk sementara ini, dalam pantauan kami yang paling trennya agak kuat ini adalah cabai. Kalau untuk bahan komoditas lain di bahan pokok penting masih terposisi terkendali," tandasnya.

Halaman

(fat/fat)