Rumah Produksi Pupuk Cair Oplosan di Kota Kediri Digerebek Polisi

Andhika Dwi - detikNews
Senin, 22 Feb 2021 19:22 WIB
Polisi menggerebek rumah produksi pupuk cair oplosan di Kota Kediri. Sebanyak 12 orang diamanakan terkait kasus tersebut.
Rumah yang dijadikan lokasi pengoplosan obat-obatan pertanian/Foto: Andhika Dwi/detikcom
Kediri -

Polisi menggerebek rumah produksi pupuk cair oplosan di Kota Kediri. Sebanyak 12 orang diamankan terkait kasus tersebut.

Rumah yang dijadikan lokasi pengoplosan obat-obatan pertanian tersebut berada di Kelurahan Manisrenggo, Kecamatan Kota, Kota Kediri. Oleh polisi, rumah itu langsung dipasang police line usai digerebek.

Menurut Kapolresta Kediri AKBP Eko Prasetyo, awalnya anggota Satreskrim mendapat laporan dari masyarakat. Setelah dilakukan penyelidikan, akhirnya polisi melakukan penindakan.

"Semuanya berdasarkan laporan masyarakat, adanya kegiatan yang mencurigakan di TKP. Dan sementara mengamankan 12 orang yang sementara berstatus saksi," ucap AKBP Eko, Senin (22/2/2021).

Kasat Reskrim Polresta Kediri AKP Verawaty Thaib menambahkan, berdasarkan pemeriksaan sementara, pelaku membeli obat kimia untuk pupuk yang sudah expired. Selanjutnya pelaku melakukan repackaging atau dikemas ulang, untuk kemudian dioplos dan dijual ke konsumen.

"Modusnya mereka membeli obat-obatan yang expired lalu dikemas ulang dan dijual lagi. Untuk sementara kami akan melakukan pengembangan terhadap kasus ini. Mohon waktu," jelas AKP Vera.

Di lokasi, polisi menemukan beberapa jeriken bahan-bahan kimia, alat-alat untuk mengemas serta beberapa botol obat-obatan pertanian. Dari lokasi, petugas mengamankan empat mobil yang akan melakukan pengiriman pupuk cair oplosan ke Probolinggo. Lalu beberapa pamflet botol-botol bekas, serta beberapa kantong pupuk cair oplosan siap edar.

(sun/bdh)