Damkar Trenggalek Evakuasi Dua Ular Kobra di Puskesmas

Adhar Muttaqin - detikNews
Sabtu, 20 Feb 2021 21:46 WIB
Petugas Pemadam Kebakaran (Damkar) Trenggalek mengevakuasi dua ekor ular kobra yang bersarang di lingkungan Puskemas Pogalan.
Ular korban di puskesmas diamankan (Foto: Adhar Muttaqin/detikcom)
Trenggalek -

Petugas Pemadam Kebakaran (Damkar) Trenggalek mengevakuasi dua ekor ular kobra yang bersarang di lingkungan Puskemas Pogalan. Itu setelah ada laporan petugas puskesmas.

Kepala Satpol PP dan Pemadam Kebakaran Trenggalek Triadi Atmono, mengatakan evakuasi ular berbisa itu dilakukan setelah pihaknya menerima laporan dari petugas puskesmas. "Begitu dapat laporan kami langsung ke lokasi. Memang betul, setelah kami cari, ternyata dua ular sekaligus," kata Triadi, Sabtu (20/2/2021).

Ular kobra tersebut bersembunyi di samping tembok puskesmas. Proses berhasil mengamankan ular menggunakan alat penjepit.

"Panjang ular itu yang besar sekitar 2,5 meter dan yang kecil sekitar 2 meter. Beruntung ular ini tidak sampai masuk ke dalam ruangan di Puskesmas Pogalan," jelasnya.

Triadi menambahkan ular tersebut untuk sementara diamankan di kantor Satpol PP Trenggalek. Rencananya, pihaknya akan menyerahkan hewan itu ke pecinta ular. Namun jika tidak ada, maka akan dilepaskan ke hutan.

"Kondisinya masih hidup, nanti kalau tidak ada yang merawat ya kami lepas di hutan, yang jauh dari pemukiman," katanya.

Kasatpol PP menambahkan, selama dua bulan ini pihaknya telah tiga kali mengevakuasi ular yang ada di kawasan permukiman. "Selain ular, kami sudah beberapa kali mengevakuasi sarang tawon Vespa atau kalau orang sini menyebut tawon ndas," jelasnya.

Pihaknya mengimbau masyarakat untuk berhati-hati saat beraktivitas di daerah yang banyak tumpukan kayu atau sampah, karena tidak menutup kemungkinan menjadi persembunyian ular.

(fat/fat)