Cerita Petugas Damkar Evakuasi Anak Kucing Terjebak di Saluran Air 3 Hari

Deny Prastyo - detikNews
Sabtu, 20 Feb 2021 18:27 WIB
Petugas Unit Rescue Damkar Kota Surabaya berhasil menyelamatkan anak kucing liar yang terjebak di dalam pipa saluran pembuangan. Anak kucing malang itu, berhasil diselamatkan setelah petugas menjebol beton cor di halaman salah satu sekolah
Petugas selamatkan anak kucing di saluran air (Foto: Dok Damkar Surabaya)
Surabaya - Petugas Unit Rescue Damkar Surabaya berhasil menyelamatkan anak kucing liar yang terjebak di dalam pipa saluran pembuangan. Anak kucing malang itu, diduga terjebak selama 3 hari.

Anak kucing bisa diselamatkan setelah terjebak di dalam pipa saluran pembuangan berukuran 4 inchi, di halaman SDN Lidah Wetan 4 Surabaya. Petugas menjebol beton cor di halaman salah satu sekolah.

Kepala Tim Unit Rescue Damkar Kota Widagdo mengatakan pihaknya bergerak setelah mendapat laporan dari sejumlah guru yang mengetahui seekor anak kucing terjebak di dalam pipa.

"Kami mendapatkan laporan dan segera melakukan evakuasi,"ujarnya kepada detikcom, Sabtu (20/2/2021).

Menurutnya, proses evakuasi berlangsung selama 1 jam. Petugas terlebih dulu mencari titik lokasi dan membongkar beton cor di halaman sekolah yang difungsikan sebagai lapangan basket menggunakan palu hidrolik, linggis serta palu.

"Kesulitannya membongkar cor dengan ketebalan 40 cm. Karena pipa itu di bawah cor," ungkap Widagdo.

Widagdo menjelaskan pihaknya saat itu hanya bisa mendengar suara anak kucing tersebut. Setelah keberadaannya diketahui, petugas berhasil mengevakuasi anak kucing tersebut.

"Kucing itu diperkirakan berusia 2 bulan. Saat itu bersama indukannya kemudian terperosok ke saluran pipa horisontal. Oleh petugas sekolah sudah dicoba evakuasi, namun tambah masuk. Akhirnya dilaporkan ke command center," ungkap Widagdo.

Kini, anak kucing yang malang itu dirawat pihak sekolah setelah berhasil diselamatkan.

(fat/fat)