Warga Lamongan Kembali Serahkan Dua Kucing Hutan ke BKSDA

Eko Sudjarwo - detikNews
Jumat, 19 Feb 2021 15:57 WIB
BKSDA memuji tingkat kesadaran warga Lamongan dalam upaya mendukung pelestarian satwa dilindungi. Terbukti, dua kali penemuan kucing hutan langsung diserahkan ke BKSDA.
Warga serahkan kucing hitam ke BKSDA (Foto: Istimewa BKSDA)
Lamongan - BKSDA memuji tingkat kesadaran warga Lamongan mendukung pelestarian satwa dilindungi. Terbukti, dua kali penemuan kucing hutan langsung diserahkan ke BKSDA.

"Dua kali penyerahan kucing hutan termasuk satwa dilindungi, kepada BKSDA. Ini menggambarkan tingginya kesadaran masyarakat Lamongan dalam mendukung upaya pelestarian satwa yang dilindungi," kata Kepala Resort Konservasi Wilayah (RKW) Gresik X Lamongan Agus Ariyanto, Jumat (19/2/2021).

Zainal, warga yang menemukan kucing hutan, kata Agus, mengaku pernah melihat kucing hitam. Hal ini menunjukkan keberadaan populasi kucing hutan di hutan Brondong, Lamongan, masih terjaga.

"Pak Zainal juga pernah melihat satwa kucing hutan di sekitar hutan tersebut. Beberapa hari sebelumnya juga ditemukan kucing hutan di sekitar Dusun Mencorek. Ini menunjukkan keberadaan populasi kucing hutan di kawasan hutan Brondong Lamongan masih terjaga," tambahnya.

Beberapa waktu lalu warga Lamongan juga sempat dihebohkan dengan penemuan 2 ekor kucing hutan anakan. Saat itu Masroin, warga Dusun Mencorek, Desa Sendangharjo, Kecamatan Brondong menemukan kucing hutan di ladang saat mencari rumput.

Masroin pun secara sukarela menyerahkan 2 anakan kucing hutan tersebut ke BKSDA.

Tonton juga Video: Perjuangan Bimbim Merawat & Mencari Adopter Kucing Jalanan

[Gambas:Video 20detik]




(fat/fat)