2 Anak Kucing Hutan yang Ditemukan Warga Lamongan Diserahkan BBKSDA Jatim

Eko Sudjarwo - detikNews
Kamis, 18 Feb 2021 11:22 WIB
Anak Kucing Hutan yang Ditemukan Warga Lamongan Dirawat BBKSDA Jatim
Kucinh hutan diserahkan ke BKSDA (Foto: Eko Sudjarwo/detikcom)
Lamongan - Dua ekor anakan kucing hutan yang ditemukan warga akhirnya diserahkan ke Balai Besar Konservasi Sumberdaya Alam (BBKSDA) Jatim. Kucing bernama latin Prionailurus Bengalensis tersebut dibawa penemunya, Masroin warga Dusun Mencorek, Desa Sendangharjo, Kecamatan Brondong, ke BKSDA.

"Kami mengapresiasi atas apa yang sudah dilakukan oleh Pak Masroin ini," kata Kepala Seksi Konservasi Wilayah 3 Surabaya, Dodit Ari Guntoro, Kamis (18/2/2021).

Setelah diterima ke BKSDA, lanjut Dodit, selanjutnya 2 ekor anak Kucing Kuwuk yang berjenis kelamin jantan dan betina tersebut dirawat di kandang transit BBKSDA Jatim. "Setelah ini akan kita amankan ke kandang transit BBKSDA Jatim untuk mendapatkan perawatan yang lebih intensif," ujarnya.

Dodit menjelaskan, dua anak kucing hutan yang termasuk satwa dilindungi tersebut masih sangat kecil dan diperkirakan berumur 1 bulan, sehingga harus mendapat perawatan intensif. "Ini kira-kira masih berumur 1 bulan, masih sangat rentan untuk mati. Jadi segera kita evakuasi ke BBKSDA Jatim," terangnya.

Dodit menambahkan, penyerahan 2 ekor anakan kucing hutan anakan oleh Masroin ini adalah yang kedua kalinya. Tahun lalu, aku Dodit, Masroin telah menyerahkan seekor ular piton jenis phyton molurus. "Tahun kemarin beliau juga menyerahkan secara sukarela setelah menemukan ular phyton molurus. Sekarang beliaunya juga menemukan dua anakan kucing hutan," imbuhnya.

Sebelumnya, warga Dusun Mencorek, Desa Sendangharjo, Kecamatan Brondong dihebohkan dengan temuan 2 ekor kucing hutan anakan oleh Masroin saat mencari rumput di ladang. Dua ekor kucing hutan itu ditemukan Masroin berada di semak-semak dan ditinggal lari oleh induknya ke dalam hutan saat bertarung dengan seekor ular kobra.

Tonton juga Video: Evakuasi Ikan Pesut yang Nyasar di Sungai Kecil Riau

[Gambas:Video 20detik]



(fat/fat)