Berdiri di Lereng Wilis, Hotel Super SMKN 1 Pagerwojo Diharap Jadi Unggulan

Adhar Muttaqien - detikNews
Rabu, 17 Feb 2021 17:56 WIB
smkn 1 pagerwojo tulungagung
Wagub Jatim Emil Dardak meresmikan Super Hotel milik SMKN I Pagerwojo, Tulungagung (Foto: Istimewa)
Tulungagung -

Wakil Gubernur Jatim Emil Elestianto Dardak meresmikan Super Hotel milik SMKN I Pagerwojo, Tulungagung. Hotel ini diharapkan menjadi pusat unggulan di kawasan Lingkar Wilis.

"Jadi, SMKN I Pagerwojo meresmikan hotel ini sebagai Center of Excellence (CoE) atau pusat unggulan," kata Emil Dardak kepada wartawan, Rabu (17/2/2021).

Menurut Emil, pendirian unit hotel di lingkungan sekolah vokasi menjadi salah satu terobosan untuk menggenjot kemampuan siswa dalam bidang hospitality atau pariwisata dan perhotelan. Terlebih sekolah yang berada di lereng pegunungan ini telah berhasil menduduki peringkat pertama di Jawa Timur dan nomor tujuh di Indonesia di bidang hospitality.

Selain itu, pendirian hotel tersebut dinilai juga sejalan dengan program pembangunan yang sedang dijalankan oleh pemerintah. Salah satunya pengembangan kawasan Lingkar Wilis, yang meliputi Tulungagung, Trenggalek, Ponorogo, Madiun, Nganjuk, dan Kediri.

"SMKN Pagerwojo ini merupakan aset yang luar biasa, karena berada di lingkar Wilis yang menjadi prioritas (pembangunan nasional) sesuai Perpres 80 Tahun 2019," jelasnya.

Pemprov Jatim mengaku memiliki komitmen kuat untuk mengoptimalkan sekolah vokasi, sebab 70 persen siswanya memiliki orientasi untuk langsung terjun di dunia kerja.

"Jadi kami bergarap betul hotel yang diresmikan ini bisa selaras dengan strategi pengembangan wilayah di lingkar Wilis," ujarnya.

Selanjutnya
Halaman
1 2