Warga Tulungagung Temukan Dua Arca Saat Gali Kolam Ikan Koi

Warga Tulungagung Temukan Dua Arca Saat Gali Kolam Ikan Koi

Adhar Muttaqin - detikNews
Rabu, 17 Feb 2021 16:43 WIB
Warga Tulungagung Temukan Dua Arca
Warga Tulungagung temukan dua arca (Foto: Adhar Muttaqin/detikcom)

"Ini kedalamannya sekitar satu meter, kemudian di sini juga banyak bata-bata berukuran besar. Karena mirip benda cagar budaya, kemudian kami menghubungi petugas purbakala, siapa tahu masih ada yang lainnya," jelasnya.

Untuk sementara dua arca dan beberapa temuan lain disimpan di rumah Ahsin. Sementara itu proses penggalian kolam di titik penemuan dihentikan sementara.

Sementara Koordinator Wilayah (Korwil) BPCB Jatim wilayah Tulungagung Hariyadi, mengatakan telah mendatangi lokasi penemuan arca di lingkungan Pesantren Banjarsari itu.

"Iya, memang betul ada temuan benda yang diduga adalah cagar budaya di Desa Banjarsari, Ngantru. Ada dua arca, kalau jenisnya biar nanti tim melakukan penelitian dulu, apakah Wisnu atau Siwa," kata Hariyadi.

Dijelaskan, terkait keberadaan arca itu, pihaknya akan melakukan penelitian lanjutan bersama BPCB Trowulan pada Jumat mendatang. Proses penelitian juga akan dilakukan terhadap struktur batu bata yang ditemukan di sekitar kolam.

"Kalau benda seperti tempayan itu kemungkinan tempat sesaji, kemudian batu yang mirip umpak, tapi ukurannya kecil," jelasnya.


(fat/fat)