Demokrat Heran Warga Bahas Dana Museum SBY Usai Jokowi ke Pacitan

Faiq Azmi - detikNews
Selasa, 16 Feb 2021 17:57 WIB
Museum sby di pacitan
Foto: Istimewa
Surabaya -

Dugaan kucuran dana Rp 9 miliar untuk Yayasan Yudhoyono (Yudhoyono Foundation) atau Museum SBY dari Pemkab Pacitan, ramai dibahas warganet. Anggaran dana hibah tersebut dikhususkan untuk pembangunan museum SBY. Bangunan itu sendiri terletak di ruas Jalan Lintas Selatan (JLS), Kelurahan Sidoharjo.

Bendahara Umum DPP Partai Demokrat, Renville Antonio heran mengapa warganet tiba-tiba membahas Museum SBY usai Presiden Jokowi mengunjungi Pacitan untuk meresmikan Bendungan Tukul, pada Minggu (14/2) lalu.

"Jadi itu, saya juga heran, ramai-ramai itu. Apalagi ramai-ramai itu dipas-paskan kedatangan Pak Presiden (Jokowi)," ujar Renville saat ditemui di Surabaya, Selasa (16/2/2021).

Renville menjelaskan, pembangunan Museum SBY di Pacitan sudah sejak lama direncanakan. Apalagi, dana hibah untuk Museum SBY sudah sesuai mekanisme.

"Padahal (Pembangunan Museum SBY) ini sudah cukup lama. (Dana hibah) Sudah diberikan, semua sesuai mekanisme, tapi lebih baik yang berbicara dari Pemprov Jatim," terangnya.

Dia menambahkan, dana hibah Museum SBY tidak ada kaitannya dengan mahar Pilkada. "Tidak ada mahar pilkada, ngawur iki, gak ada, gak ada," katanya.

Dana hibah itu, jelas dia, murni bantuan. Menurutnya, dana hibah itu diperbolehkan.

"Jadi ini murni bantuan. Sepanjang pengetahuan saya itu diperbolehkan. Karena ini membantu yayasan, apalagi ini presiden. Sama seperti zamannya, mungkin (Presiden) Gus Dur waktu di Jombang," tandasnya.

(fat/fat)