14 ABK Selamat Kapal Nelayan Tenggelam di Sumenep Disambut Gembira Keluarga

Ahmad Rahman - detikNews
Senin, 15 Feb 2021 19:30 WIB
kapal nelayan tenggelam di sumenep
Korban selamat disambut keluarga (Foto: Ahmad Rahman)
Sumenep -

14 korban selamat kapal nelayan tenggelam, KM Berhasil 2, disambut keluarga. Pelukan dan siraman air kembang untuk membuang sial mewarnai penyambutan itu.

"kita mengevakuasi di tengah laut tadi, dari yang kita evakuasi tadi jumlahnya 14 orang dari keseluruhan ABK 17 orang," kata Kapolres Sumenep AKBP Darman kepada wartawan, Senin (15/02/2021).

kapal nelayan tenggelam di sumenepFoto: Ahmad Rahman

Darman memastikan pencarian terhadap tiga ABK yang masih dinyatakan hilang terus dilakukan oleh Satpolair dengan mengerahkan 2 Kapal Polair. Pencarian dilakukan sambil menunggu tim dari Basarnas Surbaya.

"saya koordinasi sama Basarnas kemudian sama Kodim. Alhamdulillah tadi saya berangkat sama pak Dandim mengevakuasi para korban selamat dan menyiapkan dua kapal polair untuk melakukan pencarian korban yang belum ditemukan," terang Darman.

Sebelumnya KM Berhasil 2 berangkat melaut bersama tiga kapal lainnya pada Minggu sore (14/2). Kemudian sekitar pukul 03.00 WIB, hujan dan angin kencang datang tiba-tiba. Gelombang tinggi sekitar 3 meter langsung menghantam kapal.

Akibat hantaman gelombang, lambung KM Berhasil 2 pecah. 17 ABK pun terlempar ke laut. Ada yang menyelamatkan diri dengan berpegangan pada bambu dan boks ikan. 14 ABK dapat diselamatkan kapal nelayan lain, sementara 3 lainnya masih hilang.

(iwd/iwd)