Kapal Nelayan Tenggelam Dihantam Gelombang Besar di Sumenep, 3 ABK Hilang

Ahmad Rahman - detikNews
Senin, 15 Feb 2021 15:30 WIB
kapal nelayan tenggelam di sumenep
Foto: Ahmad Rahman
Sumenep -

Sebuah kapal nelayan tenggelam di Sumenep. KM Berhasil 2 tenggelam di perairan Pulau Giligenting, Sumenep setelah dihantam gelombang besar. Akibatnya, 17 ABK terlempar ke laut.

Sebanyak 14 ABK berhasil selamat namun 3 ABK masih hilang. 14 ABK tersebut selamat ditolong kapal nelayan lain setelah sekitar 3 jam terombang ambing di laut.

"Tenggelam sekitar pukul 03.00 WIB, sampai tadi pagi baru di tolong oleh teman-teman," kata Hasyim, nakhoda KM Berhasil 2 kepada wartawan, Senin (15/02/2021).

Menurut Hasyim, angin kencang dan gelombang datang secara tiba-tiba langsung menghantam kapal sehingga lambung kapal pecah. Semua ABK terlempar keluar dan menyelamatkan diri menggunakan alat seadanya.

"Begitu kapal pecah dihantam gelombang, kami semua terlempar ke laut. Pegangan dengan alat seadanya seperti bambu dan boks tempat ikan," kata Hasyim.

Kepala Desa Lobuk, M Saleh mengatakan sebelumnya pada Minggu (14/2) sore, ada empat kapal nelayan berangkat melaut dari pelabuhan Desa Lobuk. Kemudian tadi pagi ada kabar bahwa salah satu kapal tenggelam.

"Kemarin sebenarnya ada empat kapal nelayan berangkat, kemudian tadi ada informasi satu kapal tenggelam dan ABK nya hilang tiga orang," kata Saleh.

Saleh berharap pihak terkait segera menurunkan bantuan untuk mencari tiga korban yang masih dinyatakan hilang. Sementara 14 ABK yang selamat sedang dievakuasi ke daratan karena anggota keluarganya masih menunggu di Pelabuhan Desa Lobuk.

(iwd/iwd)