Pengunjung Telaga Sarangan Magetan Turun Drastis Selama Libur Imlek

Sugeng Harianto - detikNews
Minggu, 14 Feb 2021 19:54 WIB
telaga sarangan
Telaga Sarangan yang sepi pengunjung saat libur imlek (Foto: Sugeng Harianto)
Magetan -

Jumlah pengunjung obyek wisata Telaga Sarangan Magetan turun drastis selama libur panjang Imlek. Dalam tiga hari mulai tanggal 12 hingga 14 Pebruari pengelola mengeluhkan jumlah pengunjung yang sepi.

"Untuk kondisi dan situasi di obyek Wisata Telaga Sarangan relatif sepi," ujar Petugas Bendahara Retribusi Telaga Sarangan Darmanto saat dikonfirmasi detikcom Minggu (14/2/2021).

Dalam tiga hari terakhir selama libur Imlek, kata Darmanto, jumlah pengunjung hanya 2.500 saja. Jumlah tersebut sangat jauh dibandingkan sebelum masa pandemi COVID-19.

"Pengunjung hanya kisaran kurang lebih 40-50 persen dibanding tahun lalu di bulan yang sama. Tiga hari ini hanya sekitar 2.500 pengunjung," kata Darmanto.

Darmanto menyadari sepinya pengunjung mengingat masih dalam pandemi COVID-19. Tak hanya di Telaga Sarangan, pengunjung wisatawan di area Gunung Lawu juga sepi.

"Biasa saja (kita maklum) karena masih dalam kondisi pandemi COVID-19 dan semua juga masih kondisi tetap mewajibkan protokol kesehatan bagi pengunjung," paparnya.

Darmanto menambahkan pengunjung Telaga Sarangan saat libur panjang sebelum pandemi COVID-19 bisa mencapai 15 ribu dalam sehari. "Sebelum COVID-19 bisa 15 ribu sehari jika libur panjang. Semoga segera berlalu COVID-19," tandasnya.

Sebelumnya, Pemkab Magetan memutuskan untuk tetap membuka destinasi wisata di Gunung Lawu di antaranya Telaga Sarangan saat libur panjang Imlek. Meski saat ini masih pemberlakuan PPKM mikro.

(iwd/iwd)