Motif Pembunuhan Perempuan Separuh Terkubur Karena Bisikan Gaib Harta Karun

Muhammad Aminudin - detikNews
Minggu, 14 Feb 2021 15:07 WIB
pembunuhan di malang
Pembunuh perempuan yang mayatnya ditemukan separuh terkubur adalah anaknya sendiri (Foto: Muhammad Aminudin)
Malang - Pelaku pembunuhan wanita yang mayatnya separuh terkubur di bangunan tua Pembangkit Jawa Bali (PJB) Karangkates, Kecamatan Sumberpucung, Kabupaten Malang, terungkap. Pelaku adalah anak kandung korban sendiri.

Tersangka adalah Arifudin Hamdy (35), anak kandung korban sendiri. sementara korban diketahui bernama Mistrin (55), beralamat di Jalan Abiyoso di kecamatan yang sama.

"Alasan tersangka membunuh korban demi untuk mendapatkan harta karun yang diiming-imingi seorang dukun," ujar Kapolres Malang AKBP Hendri Umar kepada wartawan, Minggu (14/2/2021).

Hendri menceritakan pada Januari 2021 lalu, tersangka dan korban mengaku sempat berkonsultasi dengan seorang dukun di Blitar. Kemudian, dukun tersebut memberikan petunjuk bahwa di bangunan tua bekas mes PJB Karangkates tersimpan harta karun berlian.

Petunjuk dari seorang dukun itu, kemudian benar-benar dilakukan oleh korban.

"Tepatnya pada 26 Januari 2021 lalu, sekitar pukul 14.30 WIB, korban menggali tanah dengan cangkul yang dipinjam dari tetangga warung korban," beber Hendri.

Saat korban menggali tanah, lanjut Hendri, tersangka diminta untuk menjaga usaha warung yang dimiliki oleh korban, lokasinya tak jauh dari lokasi kejadian.

Setelah 15 menit kemudian, tersangka menyusul korban. Saat tiba di lokasi, tersangka sudah menemukan korban dalam kondisi tak sadarkan diri di sebelah lubang yang digali.

"Tersangka kemudian mengaku telah mendapatkan bisikan gaib untuk mendorong korban ke dalam lubang yang telah digali dan menguburnya. Agar harta karun yang dicari dapat muncul," terang Hendri.

Tiga hari berselang, tersangka kemudian kembali datang ke lokasi kejadian. Untuk memastikan apakah harta karun yang diinginkan keluar. Karena tidak menemukan harta karun yang dicari, tersangka akhirnya kembali pulang.