Pria di Jember Temukan Lele Bermulut Dua

Yakub Mulyono - detikNews
Sabtu, 13 Feb 2021 21:47 WIB
Warga Dusun Pulorejo, Desa Menampu, Kecamatan Gumukmas, menemukan ikan lele yang bentuknya tak lazim. Lele yang ditemukan di kubangan rawa itu memiliki dua mulut.
Lele bermulut dua/Foto: Yakub Mulyono
Jember -

Warga Dusun Pulorejo, Desa Menampu, Kecamatan Gumukmas, menemukan ikan lele yang bentuknya tak lazim. Lele yang ditemukan di kubangan rawa itu bermulut dua.

Mulut ikan lele itu terdiri atas dua susun. Posisinya di atas dan di bawah. Masing-masing mulut memiliki kumis di sebelah kanan dan kiri.

"Saya masih gemetar sekali sampai sekarang Mas. Kok ada ikan lele bermulut dua di atas dan di bawah. Baru kali ini saya temukan lele dengan keanehan seperti ini," ucap si pemilik lele, Firda, Sabtu (13/2/2021).

Pria 45 tahun ini menceritakan, lele itu dia temukan petang menjelang Magrib. Ketika itu dirinya dalam perjalanan pulang mencari rumput tak jauh dari rumah.

"Pas melewati kubangan air di rawa-rawa, saya mendengar percikan suara keras dari dalam air yang membuat saya penasaran. Ada ikan besar apa sebenarnya dari tempat sekecil itu," kata Firda.

Dia lalu turun ke kubangan air bercampur lumpur itu. Sekilas dilihatnya ada seekor ikan dalam kubangan itu.

"Dengan tangan kosong saya berusaha menangkap ikan itu. Berhasil. Ternyata ikan jenis lele," ujar Firda.

Namun saat diangkat ke permukaan, dia sangat terkejut. Karena lele dengan panjang sekitar 20 sentimeter itu ternyata memiliki dua mulut.

"Sempat saya lemparkan karena saya kaget dan takut. Sebab penampakannya aneh. Mulutnya ada dua. Agak menakutkan," kata Firda.

Setelah rasa kagetnya hilang, Firda lalu mengambil kembali ikan lele itu. Dia pun kemudian membawa ikan lele bermulut dua itu pulang.

"Sementara saya taruh di air dalam toples. Rencana mau saya pelihara," pungkas Firda.

(sun/bdh)