Menko Luhut Ajak Warga Banyuwangi Galakkan Gerakan Berwisata

Ardian Fanani - detikNews
Kamis, 11 Feb 2021 17:59 WIB
Menko Luhut Ajak Warga Banyuwangi Galakkan Gerakan Berwisata di Indonesia
Foto: Ardian Fanani
Banyuwangi -

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan mengajak warganet Banyuwangi mendukung gerakan bangga berwisata di Indonesia. Banyuwangi dinilai berpotensi besar untuk mendukung program tersebut.

"Hal ini perlu dilakukan untuk memulihkan sektor pariwisata yang selama pandemi terjadi penurunan jumlah wisatawan," disampaikan Luhut saat Forum Komunikasi Mitra Warganet yang digelar secara daring oleh Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Kamis (11/2/2021).

Forum yang digelar di Banyuwangi tersebut dihadiri Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas, Staf Ahli Menteri Bidang Sosio Antropologi Tukul Rameyo Adi, Kepala Biro Komunikasi Kemenko Marves Andreas Dipi Patria, Penasihat Khusus Menko Marves Bidang Komunikasi Ezki Tri Rezeki, serta puluhan pegiat media sosial lokal maupun nasional.

Turut hadir secara virtual, Menko Marves Luhut Binsar Pandjaitan, Deputi Bidang Koordinasi Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Odo Manuhutu, serta segenap pejabat eselon I dan II di lingkungan Kemenko Marves.

Selain untuk menumbuhkan perekonomian nasional, lanjut Luhut, dengan gerakan bangga berwisata di Indonesia maka akan tumbuh rasa kepemilikan terhadap potensi wisata oleh masyarakat setempat. Modal ini menjadi paket penting bagi bangkitnya kembali sektor pariwisata Indonesia.

"Berbanggalah kita semua dengan kekayaan wisata Indonesia. Banyak lokasi yang cakep di Indonesia ini, yang sangat layak dikunjungi. Seperti Banyuwangi yang kini disiapkan untuk menjadi tuan rumah Liga Selancar Dunia tahun 2021. Pemerintah juga tengah mengusulkan Geopark Ijen masuk ke dalam jaringan geopark dunia UNESCO. Ayo berwisata keliling Indonesia," sambungnya.

Dilanjutkan Luhut, salah satu upaya pemerintah dalam memajukan sektor pariwisata nasional adalah dengan mengintegrasikan unsur teknologi informasi melalui layanan digital terintegrasi dan pembayaran digital.

Selanjutnya
Halaman
1 2