Bandara Banyuwangi Ditutup 5 Hari, Total Ada 29 Penerbangan Dibatalkan

Ardian Fanani - detikNews
Kamis, 11 Feb 2021 17:25 WIB
Bandara Banyuwangi sudah 5 hari ditutup akibat abu vulkanik dari Gunung Raung. Total ada 29 penerbangan yang dibatalkan.
Bandara Banyuwangi/Foto: Ardian Fanani
Banyuwangi -

Bandara Banyuwangi sudah 5 hari ditutup akibat abu vulkanik dari Gunung Raung. Total ada 29 penerbangan yang dibatalkan.

Lima hari tersebut terhitung mulai Minggu (7/2) hingga hari ini. Selain ada puluhan penerbangan dibatalkan, satu pesawat juga tertahan di bandara.

Bandara Banyuwangi masih ditutup dikarenakan masih terdapat abu vulkanik yang terdeteksi di lintasan pesawat, yang sangat berbahaya bagi keselamatan penerbangan.

"Hari ini kembali kita menerima NOTAM untuk Bandara Banyuwangi. Bandara ditutup sementara. Sudah lima hari ini aktivitas penerbangan Banyuwangi lumpuh," ujar Edy Febriyansah, Manager Operasional, Perbaikan dan Perawatan Bandara, PT Angkasa Pura II KC Bandara Banyuwangi kepada wartawan, Kamis (11/2/2021).

Pihaknya terus melakukan observasi menggunakan paper test. Serta melakukan koordinasi dengan AirNav dan BMKG. Dalam lima hari ini, Bandara Banyuwangi masih dinyatakan terpapar abu vulkanik yang berbahaya bagi penerbangan.

"Ditutup sudah 5 hari mulai Hari Minggu sampai Kamis. Rencana buka kembali kita masih melakukan observasi jika hasilnya negatif maka akan kita buka," tambahnya.

Dalam data dari PT Angkasa Pura II KC Bandara Banyuwangi, total ada 29 penerbangan yang dibatalkan selama 5 hari ini. Yakni penebangan tujuan Jakarta, Surabaya dan Denpasar, Bali.

"Data kami sedikitnya ada 29 penerbangan tujuan Jakarta, Surabaya dan Denpasar, Bali yang dibatalkan. Ada satu pesawat tertahan saat ini di bandara," pungkasnya.

Simak juga Video "Dampak Erupsi Gunung Raung, Bandara Banyuwangi Ditutup Sementara"

[Gambas:Video 20detik]



(sun/bdh)