15 Personel Polres Lamongan Screening Donor Plasma Konvaselen

Eko Sudjarwo - detikNews
Rabu, 10 Feb 2021 19:42 WIB
polres lamongan
Personel menjalani screening donor plasma konvalesen (Foto: Eko Sudjarwo)
Lamongan -

Sebanyak 15 personel Polres Lamongan yang menjadi penyintas COVID-19 melakukan donor plasma konvalesen. Anggota yang menjadi pendonor plasma konvalesen ini adalah anggota yang sudah sembuh dari COVID-19 hingga dua bulan terakhir.

Kapolres Lamongan AKBP Miko Indrayana membenarkan jika ada 15 anggota Polres Lamongan dan termasuk dirinya yang mengajukan diri untuk donor plasma konvalesen.

"Memang benar, sebanyak 15 anggota sudah mengikuti screening guna melakukan donor plasma. Anggota yang mengikuti donor plasma tersebut adalah anggota yang sudah sembuh dari COVID-19 hingga 2 bulan terakhir," kata Miko kepada wartawan, Rabu (10/2/2021).

Tentunya, lanjut Miko, proses sebelum mengikuti donor plasma harus dilakukan proses screening terlebih dahulu. Proses screening ini, imbuh Miko, banyak sekali yang harus diikuti dan tim kesehatan yang mengerti bisa memutuskan apakah pendonor bisa atau tidak. Donor plasma konvalesen ini, menurut Miko, sangat diharapkan dan bisa menjadi harapan bagi pasien COVID-19.

"Program dari bapak Kapolri, Kapolda agar anggota yang sudah sembuh dari COVID-19 agar melakukan donor plasma untuk membantu saudara kita yang terpapar COVID-19. Seperti saya juga ini, karena sudah pernah terpapar sehingga saya juga mengikuti donor plasma," kata Miko.

Miko mengungkapkan 15 anggota ini menjalani screening untuk mengetahui sejauh mana mereka memenuhi syarat sebagai pendonor plasma konvalesen. Hingga saat ini, lanjut Miko, sudah ada 4 anggota yang sudah dinyatakan lolos screening dan bisa menjadi pendonor plasma konvalesen.

"Kalau yang sudah lolos, sampai saat ini sudah 4 anggota yang bisa mendonorkan plasmanya di Surabaya. Tentunya terus bertambah, tak hanya 4 saja karena hasilnya semua belum keluar setelah melakukan uji screening kemarin," imbuhnya.

Sementara itu, salah seorang anggota Polres Lamongan yang juga ikut dalam donor plasma konvalesen ini Bripka Arif Andriyono mengakui kalau sudah bisa ikut berperan sebagai pendonor plasma konvalesen. Arif menyebut, ia sudah dinyatakan lolos screening dan bisa menjadi pendonor plasma.

"Alhamdulillah saya dinyatakan lolos untuk menjadi pendonor plasma konvalesen," katanya.

(fat/fat)