200 ASN Pemkot Surabaya Screening Donor Plasma Konvalesen

Esti Widiyana - detikNews
Sabtu, 06 Feb 2021 19:22 WIB
donor plasma konvalesen
ASN yang screening donor plasma konvalesen (Foto: Esti Widiyana)
Surabaya -

Gerakan donor plasma konvalesen kepada 200 ASN di lingkungan Pemkot Surabaya dilakukan dengan melakukan screening di Gedung Wanita. Pemkot memberikan tauladan kepada warga Surabaya dengan mengawali lewat ASN, agar penyintas COVID-19 tak ragu mendonorkan plasma konvalesennya.

Pelaksanaan gerakan donor plasma konvalesen ini dilakukan secara bertahap. Sebab pesertanya ada sebanyak 500 orang.

"Nanti kita bikin dua gelombang, nantinya juga untuk umum, kita keliling. Teman-teman polres, kejaksaan, korem juga siap. Nanti kita keliling juga sambil masyarakat umum penyintas bisa mendonorkan plasma. Karena ini sangat efektif," kata Plt Wali Kota Surabaya Whisnu Sakti Buana di Gedung Wanita, Sabtu (6/2/2021).

Berdasarkan data yang ia terima, 68% lebih pasien COVID-19 yang dirawat bisa sembuh dengan terapi plasma konvalesen. Bahkan pemkot juga telah berkoordinasi dengan IDI Surabaya akan keefektifitas plasma konvalesen.

"IDI menyampaikan, sebaiknya saat masih kondisi sedang bisa diberikan. Sehingga tidak sampai berat, bisa menyelematkan banyak. Kepedulian kemanusiaan ini terus kita tumbuhkan di kota surabaya," jelasnya.

Sementara untuk kebutuhan bag darah, pemkot dan seluruh jajaran forkopimda mengumpulkan bantuan untuk pemesanan agar bisa cepat dilakukan. Whisnu mengatakan jika di dunia hanya ada satu vendor bag darah dan dunia mengalami kelangkaan.

"Saya minta PMI pusat untuk pesan untuk seluruh PMI di indonesia. Jadi nanti biar negara yang pesan ke vendor. Kalau negara yang sudah bicara akan lebih datang cepat kantong plastik," ujarnya.

Kepala UTD PMI Kota Surabaya dr Budi Arifah mengatakan kebutuhan terkait plasma darah konvalesen ini dalam sehari hampir sekitar 70 hingga 100 pasien yang membutuhkan. Sehingga, pihaknya sangat mengapresiasi dan berterimakasih kepada jajaran Forpimda Surabaya atas dihelatnya gerakan serentak ini.

"Dengan adanya kegiatan seperti ini, cita-cita kami adalah mempunyai stok untuk semua golongan darah plasma konvalesen. Kalau ada pasien yang membutuhkan kita bisa langsung memberikan, tidak harus menunggu lama," pungkasnya.

Simak Video: Mereka yang Tak Bisa Donor Plasma Konvalesen, Siapa Saja?

[Gambas:Video 20detik]



(iwd/iwd)