Dampak Banjir di Kabupaten Pasuruan, 49 Rumah dan 19 Jembatan Rusak

Muhajir Arifin - detikNews
Rabu, 10 Feb 2021 19:21 WIB
Dampak Banjir di Kepulungan Pasuruan, 49 Rumah dan 19 Jembatan Rusak
Jembatan rusak diperbaiki (Foto: Muhajir Arifin/detikcom)
Pasuruan - BPBD Kab Pasuruan mendata total sebanyak 49 rumah dan 19 jembatan rusak dampak banjir bandang Desa Kepulungan, Rabu (3/2). Estimasi kerugian material mencapai Rp 10 miliar.

"Dampak banjir pada Rabu lalu ada di beberapa titik. Yang parah memang di Kepulungan (Gempol)," kata Plt Kepala BPBD Kab Pasuruan Ridwan Harris, Rabu (10/2/2021).

Sebelumnya sebanyak 6 rumah di Dusun Genuk Watu, Desa Kepulungan, Kecamatan Gempol, hancur tersapu banjir bandang luapan Sungai Kambeng. Banjir di Pasuruan ini menyebabkan 11 rumah rusak parah dan 13 rumah rusak sedang. 2 Orang meninggal terseret arus.

Di saat bersamaan, Sungai Besuki Gempol juga meluap menyebabkan 19 rumah warga Desa Karangrejo, Kecamatan Gempol, rusak. Kerusakan rumah mulai dari berat, sedang dan ringan. Sungai Besuki meluap akibat curah hujan tinggi dan tersumbatnya gorong-gorong oleh sampah.

"Alhamdulillah tak menyebabkan korban jiwa seperti di Desa Kepulungan," jelas Harris.

Selain itu, 19 jembatan di beberapa lokasi Kecamatan Prigen, Pandaan dan Gentong juga rusak. Jenis kerusakan mulai putus, berat, sedang dan ringan. Sebuah tanggul di Bangil juga tercatat jebol.

"Estimasi total kerugian akibat banjir Rabu lalu Rp 10 miliar. Kerugian akan kami hitung kembali dan pembebanannya akan kita sharing dengan instansi berwenang lain, seperti BBWS dan Bina Marga Jatim," pungkas Harris. (fat/fat)