Kerugian Material Banjir Kepulungan Pasuruan dan Sekitarnya Capai Rp 10 Miliar

Muhajir Arifin - detikNews
Rabu, 10 Feb 2021 12:14 WIB
Kerugian Material Banjir Kepulungan dan Sekitarnya Capai Rp 10 Miliar
Sampah-sampah yang dievakuasi dampak banjir (Foto: Muhajir Arifin/detikcom)
Pasuruan - Kerusakan infrakstruktur terjadi di banyak lokasi akibat bencana banjir di Pasuruan, Rabu (3/2). Kerugian material mencapai Rp 10 miliar.

"Kerugian material banjir pada Rabu lalu di seluruh wilayah Kabupaten Pasuruan sekitar Rp 10 Miliar," kata Plt Kepala BPBD Kabupaten Pasuruan Ridwan Harris, Rabu (10/2/2021).

Kerugian paling besar tentu di Desa Kepulungan, Kecamatan Gempol. Ada lebih dari 30 rumah rusak dan sebuah jembatan penghubung antar dusun ambruk. Kerusakan infrakstruktur juga terjadi di Kecamatan Bangil dan Prigen.

"Infrastruktur yang terdampak bencana pada 3 Februari lalu, berbarengan dengan di Kepulungan, ada beberapa titik. Yakni di Bangil, Prigen ada 3 titik dan Gempol ada 4 titik. Kejadiannya sama tapi tak ada korban jiwa," terang Harris.

Harris mengatakan untuk rehabilitasi dan rekonstruksi, pihaknya akan berkoordinasi dengan para pemangku kepentingan hingga organisasi perangkat daerah (OPD) tehnis provinsi. Pasalnya, lokasi terdampak banjir bukan hanya kewenangan Pemkab Pasuruan.

"Untuk penanganannya kami mohon petunjuk pak bupati apakah nantinya dibiayai keseluruan atau dibiayai dengan dana sharing. Contoh Sungai Kambeng Kepulangan itu masuknya ke BBWS, maka nanti kita mintakan BBWS juga mendukung kegiatan itu. Kemudian ada yang masuk kewenangan balai pemeliharaan jalan maupun di UPT bina marga provinsi. Jadi sesuai dengan kewenangan kita masing-masing. Kita harapkan ada dana sharing, hibah atau apapun," jelasnya.

Selain itu, untuk kerusakan mikro maupun perseorangan, bisa menggunakan dana dari desa. "Desa juga ada dana darurat bencana. Terutama untuk infrastruktur yang kecil, mikro dan perseorangan," terangnya.

Sebelumnya, banjir bandang menerjang Dusun Genuk Watu, Desa Kepulungan, Kecamatan Gempol, Rabu (3/2). 6 Rumah hancur tersapu banjir, 11 rumah mengalami kerusakan parah dan 13 rumah mengalami kerusakan sedang. 58 warga mengungsi karena rumahnya hancur. 2 warga meninggal dunia terseret arus.

Selain di Kepulungan, banjir hari itu juga menerjang wilayah Prigen dan Bangil. Banjir menyebabkan jembatan dan jalan rusak serta tanggul jebol.

(fat/fat)