Banjir Lahar Dingin Gunung Semeru Timbun Musala dan Warung

Nur Hadi Wicaksono - detikNews
Selasa, 09 Feb 2021 15:05 WIB
Banjir lahar dingin Gunung Semeru yang menyeret sebuah mobil Senin (8/2) sore juga menimbun musala dan warung
Banjir lahar Semeru timbun musala dan warung (Foto: Nur Hadi Wicaksono/detikcom)
Lumajang -

Banjir lahar dingin Gunung Semeru yang menyeret sebuah mobil Senin (8/2) sore juga menimbun musala dan warung. Musala dan warung yang ada di tepi Sungai Leprak Desa Sumber Wuluh Kecamatan Candipuro, Lumajang, itu tertimbun material vulkanis banjir lahar Gunung Semeru.

Material vulkanis berupa pasir dan batu menimbun musala dan warung yang lokasinya berdekatan hingga setinggi 2 meter. Peristiwa itu terjadi setelah banjir lahar Gunung Semeru menerjang Sungai Curah Kobokan Desa Supiturang kecamatan Pronojiwo Lumajang, Senin (8/2/2021) sekitar pukul 15.30 WIB.

Dari pantauan detikcom, musala dan warung yang tertimbun itu hanya menyisakan bagian atas sekitar 2 meter.

Sungai Leprak merupakan hilir dari Sungai Curah Kobokan. Beruntung tidak ada korban jiwa dalam peristiwa tersebut. Penambang atau warga di sekitar lokasi sudah menyelamatkan diri sebelum insiden itu terjadi.

"Iya benar, dampak banjir lahar Gunung Semeru kemarin mengakibatkan sebuah mushala dan warung yang berada di Sungai Leprak terendam material banjir lahar setinggi 2 meter," ujar salah satu warga Sumber wuluh Nur kholis kepada detikcom Selasa (9/2/2021).

Banjir lahar dingin Gunung Semeru yang menyeret sebuah mobil Senin (8/2) sore juga menimbun musala dan warungBanjir lahar dingin Gunung Semeru menimbun musala dan warung/ Foto: Nur Hadi Wicaksono

Sementara BPBD Lumajang mengimbau masyarakat dan penambang untuk mewaspadai potensi banjir lahar Gunung Semeru saat terjadi hujan.

"BPBD mengimbau kepada warga yang berada di sekitar bantaran sungai serta para penambang agar mewaspadai banjir lahar Gunung Semeru. Ini harus diwaspadai di sejumlah daerah aliran sungai yang berhulu dari Gunung Semeru," ujar Kabid Pencegahan Kesiapsiagaan dan Logistik BPBD Lumajang Wawan Hadi Siswoyo.

Sementara data Pos Pengamatan Gunung Api (PGA) Semeru periode 9 Februari 2021 pukul 00.00 - 06.00 WIB, Gunung Semeru mengalami letusan 28 kali, hembusan 2 kali dan guguran 2 kali. Status Gunung Semeru hingga kini masih waspada level II.

Sebelumnya Viral video mobil terseret lahar dingin Gunung Semeru di Lumajang. Video viral berdurasi 30 detik itu diunggah akun @ndorobeii sekitar pukul 17.00 WIB, Senin (8/2/2021).
Dalam caption video itu ditulis jika mobil terbawa arus lahar dingin sore ini pemilik karyawan tambang di Dusun Sumbersari Supiturang Pronojiwo Lumajang. Dan driver selamat.

Saksikan juga Video "Truk Pasir Terseret Banjir Lahar Hujan Semeru":

[Gambas:Video 20detik]



(fat/fat)