PPKM Mikro di Jatim Dimulai, 210 RT Masuk Zona Merah COVID-19

Faiq Azmi - detikNews
Selasa, 09 Feb 2021 10:16 WIB
PPKM Mikro mulai digelar hari ini. Di Jawa Timur, ada 2 kabupaten/kota yang masuk zona merah COVID-19.
Gubernur Khofifah (depan)/Foto: Faiq Azmi
Surabaya -

PPKM Mikro mulai digelar hari ini. Di Jawa Timur, ada 2 kabupaten/kota yang masuk zona merah COVID-19.

"Setiap Selasa update di masing-masing kabupaten/kota. Per hari ini, insyaallah di Jombang dan Kota Mojokerto. Kemarin di Trenggalek dan Kabupaten Madiun," ujar Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa di Surabaya, Selasa (9/2/2021).

Khofifah menjelaskan, setelah diterapkan PPKM Mikro di Jatim, juga akan di-update zona merah hingga tingkat RT. Sejauh ini, di Jatim ada 210 RT yang masuk kategori zona merah COVID-19.

"Begitu juga di tingkat RT/RW, akan di-update skala. Maka, adanya posko di desa atau kelurahan untuk me-manage data. Kalau RT ada 210 yang masuk kategori zona merah," terangnya.

Lebih lanjut Khofifah membeberkan, ada 1.245 RT yang masuk zona oranye di Jatim. Kemudian 10.023 RT masuk zona kuning, dan 81.730 RT masuk zona hijau. Seluruh RT tersebut tersebar di 38 kabupaten/kota di Jatim.

"Oleh karena itu, maka koordinasi dengan bupati/wali kota penting untuk mem-breakdown lebih detail karena zonasi itu dinamik," imbuhnya.

Diketahui, pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) Mikro di Jawa Timur diterapkan mulai Selasa (9/2) hingga Senin (22/2). Gubernur Khofifah memastikan, 38 kabupaten/kota di Jawa Timur akan menerapkan PPKM Mikro.

"PPKM Mikro diterapkan di seluruh kabupaten/kota di Jawa Timur, tapi basisnya adalah mikro. Basis mikro ini adalah tingkat RT," ujar Khofifah di Gedung Negara Grahadi, Surabaya, Senin (8/2/2021) malam.

Khofifah menjelaskan, setiap kelurahan atau tingkat desa, wajib memiliki posko dalam menerapkan PPKM Mikro. "Prinsip basisnya mikro sekali, tingkat RT. Poskonya ada di desa, karena ini kaitan dengan update data, reportase dari seluruh dinamika yang terjadi di desa atau kelurahan itu. Maka masing-masing desa atau kelurahan wajib punya posko," pungkasnya.

Tonton video 'Penjelasan Lengkap Pemerintah Tentang PPKM Mikro':

[Gambas:Video 20detik]



(sun/bdh)