Lahan di Madiun Akan Dijadikan Pasar Muamalah, Pemkab Akhirnya Angkat Bicara

Sugeng Harianto - detikNews
Minggu, 07 Feb 2021 15:03 WIB
Sawah di Madiun Akan Disulap Jadi Pasar Muamalah
Lahan yang rencananya akan dibangun Pasar Muamalah (Foto: Sugeng Harianto)
Madiun -

Pemkab Madiun angkat bicara soal Pasar Muamalah akan dibangun di Dukuh Bendan Desa Teguhan, Jiwan. Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Dalam Negeri (Bakesbangpoldagri) Kabupaten Madiun turun tangan mengantisipasi gejolak masyarakat.

"Kita selalu koordinasi dengan polresta agar masyarakat tidak resah," ujar Kepala Bakesbangpoldagri Kabupaten Madiun Sigit Budiarto saat dihubungi detikcom, Minggu (6/2/2021).

Pemkab Madiun, kata Sigit, juga akan menelusuri lahan yang dijual untuk Pasar Muamalah. Sejauh ini, kata Sigit, belum ada laporan terkait kepengurusan izin.

"Kita sudah koordinasi dengan polisi terkait itu (Pembangunan Pasar Muamalah). Yang jelas sampai saat ini belum ada pengurusan izin masuk," katanya.

Sigit mengatakan, Pemkab Madiun ingin menelusuri apakah ada keterlibatan organisasi masyarakat (Ormas terlarang). "Karena dilakukan pribadi kita telusuri adakah kaitan dengan Ormas (Terlarang)," tandasnya.

Sebelumnya, Pasar Muamalah transaksi jual belinya menggunakan dinar/dirham akan dibangun di Madiun. Tepat di Dukuh Bendan RT 20 RW 05, Desa Teguhan, kecamatan Jiwan. Untuk warga yang menyetujui pembangunan dan mau tanda tangan, mendapat koin dinar/dirham.

"Ini dikasih dua koin karena mau tanda tangan," ujar Slamet, warga Dukuh Bendan Desa Teguhan, Jiwan, Madiun kepada detikcom Kamis (4/2/2021).

Data yang dihimpun detikcom, alamat Pasar Muamalah di Madiun juga sudah tertera di google map dengan nana Pasar Muamalah Madiun. Di media sosial Facebook bahkan sudah ada pengikut yang berjumlah sekitar hampir 500.

Saksikan juga video 'Lahan Ini Dikabarkan Akan Jadi Pasar Muamalah, Warga Gerah!':

[Gambas:Video 20detik]



(fat/fat)