Terdampak Hujan Abu Gunung Raung, Bandara Banyuwangi Ditutup Sementara

Ardian Fanani - detikNews
Minggu, 07 Feb 2021 13:21 WIB
Bandara Banyuwangi
Bandara Banyuwangi (Foto: Ardian Fanani/detikcom)
Banyuwangi - Dampak abu vulkanik Gunung Raung di Banyuwangi kian meluas. Bandara Banyuwangi ditutup sementara akibat sebaran abu vulkanik yang berisiko bagi penerbangan dari dan ke Banyuwangi.

"Kami menerima notice to airmen (notam) dari Airnav Indonesia untuk penutupan Bandara Banyuwangi hari ini per pukul 08.50 hingga 14.50 Wib hari ini," kata Cin Asmoro, Executive General Manager PT Angkasa Pura II (Persero) KC Bandara Banyuwangi kepada detikcom, Minggu (7/2/2021).

Dia menjelaskan sebelumnya berdasarkan hasil observasi abu vulkanik Gunung Raung telah mencapai Bandara Banyuwangi.

"Data dari BMKG menunjukkan kalau arah semburan abunya mengarah ke timur artinya ke daerah bandara, didukung paper test yang hasilnya positif juga. Jadi kami laporkan ini otoritas bandara wilayah 3 Surabaya. Diambil keputusan bandara kita tutup mulai sekitar pukul 8.30 WIB tadi," ujarnya.

Cin mengungkapkan bahwa pagi tadi Bandara Banyuwangi masih beroperasi. Bandara masih melayani penerbangan pesawat komersil Citilink dari Surabaya, dan lanjut ke Denpasar. Juga ada Citilink rute Jakarta - Banyuwangi.

"Pagi tadi jadwal penerbangan masih normal. Dari Surabaya ada Citilink yang lanjut ke Ngurah Rai. Namun, setelahnya itu yang terganggu. Citilink rute Jakarta yang jadwal berangkat dari Banyuwangi pukul 08.10 hari ini delay, menunggu perkembangan kondisi sebaran abu," kata Cin.

Sebaran abu vulkanik dampak Gunung Raung erupsi terbawa angin hingga di Kabupaten yang berada di Bali. BMKG Banyuwangi mencatat, abu Gunung setinggi 3.332 mdpl itu menyebar hingga Kabupaten Jembrana dan Buleleng, Bali.

Pantauan citra satelit milik BMKG Banyuwangi, sejak pukul 07.00 WIB, Minggu (6/2/2021), sebaran abu vulkanik terbawa angin mengarah ke Timur dan Tenggara.

Untuk di wilayah Kabupaten Banyuwangi, abu vulkanik menyebar di Kecamatan Songgon, Licin, Glagah, Kalipuro dan Banyuwangi kota. Namun sesuai dengan laporan masyarakat, hujan abu juga dirasakan di Kecamatan Blimbingsari dan Rogojampi.

Saksikan video 'Aktivitas Gunung Raung: Sekali Gempa Tremor, Asap Kawah Tipis-Sedang':

[Gambas:Video 20detik]



(fat/fat)