Hujan Abu Gunung Raung Erupsi, BPBD Banyuwangi Imbau Masyarakat Tetap Tenang

Ardian Fanani - detikNews
Minggu, 07 Feb 2021 12:44 WIB
Hujan abu erupsi Gunung Raung menyebar ke Banyuwangi kota
Hujan abu di Banyuwangi (Foto: Ardian Fanani/detikcom)
Banyuwangi - Imbas hujan abu dari Gunung Raung erupsi, BPBD Banyuwangi mengimbau masyarakat tetap tenang. BPBD Banyuwangi menilai hujan abu masih dalam kondisi aman.

Kabid Kedaruratan dan Logistik BPBD Banyuwangi, Eka Muharram, membenarkan sebaran abu vulkanik yang di akibatkan oleh erupsi Gunung Raung sudah mencapai wilayah kecamatan Banyuwangi dan sekitarnya. Hal tersebut di akibatkan oleh arah angin yang sejak jumat malam (5/2/2021) mengarah ke arah timur dengan kecepatan angin yang cukup kencang.

"BPBD sejak Jumat malam telah mendapatkan laporan abu vulkanik tipis yang menyebar ke wilayah Kecamatan banyuwangi dan sekitarnya, dan pada minggu (7/2/2021), abu yang dirasakan oleh masyarakat sudah cukup tebal, hingga mengganggu aktivitas warga," ujarnya kepada detikcom, Minggu (7/2/2021).

Eka menjelaskan abu yang cukup tebal hari ini dirasakan warga Banyuwangi tersebut karena asap erupsi dari Gunung Raung mencapai ketinggian 1 KM lebih, serta arah angin yang mengarah ke timur.

Eka mengimbau kepada seluruh warga yang beraktivitas di luar maupun di dalam rumah untuk terus menggunakan masker dan kacamata saat berkendara. Terutama pengendara sepeda motor.