Urban Legend

Masa Lalu Rowo Bayu, Dikaitkan Cerita Horor KKN Desa Penari hingga Perang Besar

Ardian Fanani - detikNews
Minggu, 07 Feb 2021 08:07 WIB
Rowo Bayu, Tempat Angker Yang Merupakan Lokasi Perang Puputan Bayu
Rowo Bayu di Banyuwangi (Foto: Ardian Fanani/detikcom)
Banyuwangi -

Dua tahun lalu lokasi ini dikaitkan dengan cerita horor 'KKN di Desa Penari'. Rowo Bayu, salah satu destinasi wisata religi di Kecamatan Songgon, Banyuwangi ini mempunyai cerita mistis sendiri. Selain itu, lokasi ini juga lokasi bersejarah bagi masyarakat Banyuwangi.

Rowo Bayu berada di Desa Bayu, Kecamatan Songgon, Banyuwangi menjadi viral lantaran dihubungkan dengan cerita horor 'KKN di Desa Penari' pada tahun 2019 lalu. Meskipun penulis cerita mengatakan hanya memakai foto Rowo Bayu sebagai ilustrasi, namun netizen telanjur percaya tempat ini adalah setting cerita horor itu.

Rowo Bayu dikenal sebagai telaga yang tersembunyi di balik hutan di kaki Gunung Raung. Suasana sepi dan rimbun akan didapati wisatawan yang datang ke telaga yang berada di kawasan KRPH Perhutani Banyuwangi Barat, atau di Dusun Sambungrejo Desa Bayu, Kecamatan Songgon, Banyuwangi ini.

Danau ini memang menyimpan misteri, tapi bukan cerita horor mahasiswa, melainkan sejarah perjuangan masyarakat Banyuwangi melawan penjajah. Rowo dalam bahasa Indonesia adalah Rawa, sementara Bayu berarti angin.

Budayawan Banyuwangi, Hasnan Singodimayan mengatakan, Rowo Bayu adalah tempat lokasi perang bagi masyarakat Banyuwangi dalam melawan VOC. Terjadi beberapa perang yang dikatakan sebagai Perang Puputan Bayu. Istilah 'puputan' kurang lebih mirip dengan istilah 'total war' dalam Bahasa Inggris.

"Perang Puputan Bayu itu perang habis-habisan di Banyuwangi. Puputan bisa diartikan sebagai penghabisan. Sementara Bayu lokasi dari perang itu, yakni di sekitar Rowo Bayu," ujarnya kepada detikcom, Minggu (7/2/2021).

Saksikan juga 'Demi 'KKN: Di Desa Penari', Aghniny Haque Serius Belajar Nari':

[Gambas:Video 20detik]



Selanjutnya
Halaman
1 2