Polisi Buat Kios Masker Gratis di Pasar Tradisional Demi Mojokerto Zona Hijau

Enggran Eko Budianto - detikNews
Sabtu, 06 Feb 2021 19:12 WIB
polres mojokerto
Polisi buat kios masker gratis di pasar tradisional Mojokerto (Foto: Enggran Eko Budianto)
Mojokerto -

Polisi membuat kios masker gratis di pasar-pasar tradisional di Mojokerto. Kios ini untuk memastikan semua pedagang dan pengunjung pasar memakai masker untuk mencegah penyebaran COVID-19 bisa ditekan. Sehingga Bumi Majapahit segera menjadi zona hijau.

Kios masker gratis salah satunya dibuat di Pasar Kedungmaling, Kecamatan Sooko. Para pedagang dan pembeli bisa mengambil masker secara cuma-cuma di kios ini. Sehingga tidak ada lagi alasan bagi mereka tidak memakai masker.

"Yang sudah kami laksanakan selama ini memberi masyarakat masker gratis secara keliling bersinergi dengan TNI dan Pemda. Hari ini, kami buat 10 kios masker gratis di pasar-pasar tradisional Kabupaten Mojokerto," kata Kapolres Mojokerto AKBP Dony Alexander kepada wartawan di kios masker gratis Pasar Kedungmaling, Sabtu (6/2/2021).

Bersama Kasat Lantas Polres Mojokerto AKP Randy Asdar, anggota TNI dan pengelola pasar, Dony menyosialisasikan keberadaan kios masker gratis dengan blusukan ke dalam Pasar Kedungmaling. Dia juga membagikan masker ke para pedagang dan pembeli.

Kios masker gratis Polres Mojokerto pun diserbu para pedagang dan pengunjung Pasar Kedungmaling. Mereka bebas mengambil masker dari kios tersebut untuk mengganti masker mereka yang kurang aman. Seperti masker jenis scuba dan masker berbahan kain kaus.

"Di kios ini kami siagakan tiga personel. Masyarakat bisa mengambil masker secara cuma-cuma supaya memakai masker baru untuk mengganti masker yang tidak sesuai standar," terang Dony.

Mantan Kapolres Pasuruan Kota ini menjelaskan, ke depan pihaknya akan menambah jumlah kios masker gratis di Kabupaten Mojokerto. Setiap kios dibuka pukul 07.00-12.00 WIB dan 16.00-18.00 WIB.

"Tiap kios kami stok masker 300 per hari, saat sore kami tambah 300 masker. Apabila ada masyarakat yang punya masker lebih bisa disumbang ke kios ini untuk kami salurkan ke masyarakat," jelas Dony.

Dony berharap kios masker gratis Polres Mojokerto bisa meningkatkan kedisiplinan masyarakat dalam mematuhi protokol kesehatan. Sehingga penyebaran virus Corona di Bumi Majapahit bisa ditekan.

"Kabupaten Mojokerto kini menjadi zona kuning. Itu tidak membuat kami semua diam, kami justru lebih bersemangat untuk mencapai zona hijau. Sehingga Kabupaten Mojokerto bisa kembali sehat dan bebas dari COVID-19," tandas Dony.

Berdasarkan data yang dirilis Satgas Penanganan COVID-19 Jatim tanggal 5 Februari 2021, Kabupaten Mojokerto bertahan di zona kuning penyebaran COVID-19. Artinya, risiko penularan virus Corona di wilayah ini tergolong rendah.

Warga Bumi Majapahit yang terinfeksi COVID-19 mencapai 1.944 orang. Terdiri dari 42 pasien dalam perawatan, 1.836 pasien sembuh, serta 66 pasien meninggal dunia.

(iwd/iwd)