Bansos Erupsi Gunung Raung dan COVID-19 Disalurkan ke Kecamatan Licin

Ardian Fanani - detikNews
Jumat, 05 Feb 2021 15:44 WIB
Polisi Banyuwangi memantau langsung warga yang terdampak erupsi Gunung Raung
Polisi Banyuwangi membagikan bantuan sosial kepada masyarakat di Kecamatan Licin/Foto: Ardian Fanani
Banyuwangi - Polisi Banyuwangi memantau langsung warga yang terdampak erupsi Gunung Raung di Kecamatan Licin. Mereka juga membagikan bantuan sosial, 8.000 masker dan vitamin kepada masyarakat.

Penyaluran bansos dipimpin langsung oleh Kapolresta Banyuwangi Kombes Pol Arman Asmara Syarifuddin, yang didampingi Kapolsek Licin Iptu Dalyono beserta Forpimka setempat.

"Dalam kegiatan hari ini, Polresta Banyuwangi menyalurkan bansos berupa paket sembako kepada masyarakat yang terdampak erupsi Gunung Raung dan COVID-19," kata Arman kepada detikcom, Jumat (5/2/2021).

Selama 3 hari ini, kata kapolresta, Kecamatan Licin dihujani abu vulkanik dampak Gunung Raung erupsi. Sehingga aktivitas masyarakat terganggu.

"Kita bagikan sembako kepada masyarakat. Selain itu juga masker yang kita bagikan," tambahnya.

Antisipasi penularan COVID-19 juga dilakukan. Menurut Arman, saat ini masih banyak masyarakat yang abai terhadap protokol kesehatan. Oleh sebab itu, selain menggelar operasi yustisi pihaknya juga memberikan edukasi kepada masyarakat tentang bahaya COVID-19.

"Edukasi ini yang lebih penting sebenarnya. Sehingga masyarakat sadar akan bahaya COVID-19 dan menjadikan protokol kesehatan sebagai kebiasaan baru dalam kehidupan sehari-hari. Jangan sampai nanti ada bencana juga abai protokol kesehatan. Makanya kami tekankan," imbuhnya.

Dalam kesempatan ini, kapolresta bersama Muspika Licin menyempatkan diri untuk menjenguk Muhammad Rizki (10) warga Desa Segobang yang menderita penyakit hidrosefalus.

Rizki sejak kecil mengalami pembengkakan di wajahnya akibat penyakit yang dideritanya. Tahun 2020, berkat bantuan Bhayangkari Polresta Banyuwangi, bocah yatim piatu ini menjalani operasi untuk mengurangi kerusakan di wajahnya.

Polisi Banyuwangi memantau langsung warga yang terdampak erupsi Gunung RaungPolisi dan TNI menjenguk Muhammad Rizki (10)/ Foto: Ardian Fanani

"Kita menjenguk adik Rizki yang menderita hidrosefalus sejak kecil. Kita salurkan bansos berupa paket sembako kepada keluarganya," kata kapolresta.

Bansos juga disalurkan kepada warga yang masuk kategori golongan renta. Seperti manula, para janda dan yatim piatu.

"Kita salurkan juga kepada golongan renta. Semoga ini bisa membantu mereka untuk bertahan di masa pandemi," tutupnya.

Lihat Video: Aktivitas Gunung Raung: Sekali Gempa Tremor, Asap Kawah Tipis-Sedang

[Gambas:Video 20detik]



(sun/bdh)