Perayaan Barongsai hingga Dewa Rezeki di Surabaya Ditiadakan Tahun Ini

Esti Widiyana - detikNews
Jumat, 05 Feb 2021 15:33 WIB
Parade Imlek yang digelar di Dufan Ancol, Jakarta Utara, berlangsung meriah. Parade menampilkan atraksi barongsai hingga tarian khas China.
Ilustrasi barongsai (Foto: Pradita Utama)
Surabaya - Imlek tahun ini berbeda dengan tahun sebelumnya. Jika sebelumnya dirayakan meriah, Imlek tahun ini tak ada lagi arak-arakan, barongsai hingga bagi-bagi angpao. Seperti Kota Surabaya yang tidak merayakan tahun ini.

Pengurus Klenteng Hong San Koo Tee di Jalan Cokroaminoto, Surabaya, Sudiman Delta mengatakan, jika imlek tahun ini tidak ada perayaan. Baik arak-arakan hingga Barongsai.

"Nggak ada perayaan arak-arakan dan Barongsai," kata Sudiman atau yang biasa disapa Ko Akiong saat dihubungi detikcom, Jumat (5/2/2021).

Ko Akiong menjelaskan, beberapa acara ditiadakan di Klenteng Hong San Koo Tee saat Hari Raya Imlek tahun ini. Dia khawatir jika tetap digelar akan menimbulkan kerumunan saat pandemi COVID-19 belum berakhir.

"Biasanya sembahyang bersama. Barongsai, dewa rezeki itu ditiadakan semua. Karena tempatnya kecil kalau diadakan takutnya berkerumun orang-orang," jelasnya.

Klenteng Hong San Koo Tee tetap membuka untuk umat yang akan sembahyang. Tetapi jumlahnya dibatasi dan tetap sesuai dengan protokol kesehatan.

"Kemarin kita hitung sekitar 20 orang yang masuk. Mungkin nanti bergantian. Nanti kita sediakan kursi untuk sembahyang, biar nggak ramai," ujarnya.

Dia mengaku sepengetahuannya semua klenteng di Surabaya juga tidak akan merayakan berbagai acara. Sebab mengingat pandemi COVID-19 dan tidak ingin melanggar aturan dari pemerintah, demi keselamatan dan kesehatan masyarakat.

"Karena keadaan sekarang nggak mungkin ngadain acara. Cuman kita tetap beri kesempatan umat untuk beribadah, tapi ya sesuai protokol kesehatan," pungkasnya.

Saksikan juga Video: Atraksi Barongsai Cilik, Surabaya

[Gambas:Video 20detik]



(fat/fat)