Cara Dispendik Surabaya Bangun Kreativitas Siswa Saat Pandemi COVID-19

Esti Widiyana - detikNews
Jumat, 05 Feb 2021 12:31 WIB
Kadispendik Surabaya Supomo
Kadispendik Surabaya Supomo/Foto: Esti Widiyana
Surabaya -

Selama pandemi COVID-19, pembelajaran dialihkan menjadi sekolah daring. Agar kreativitas pelajar tak turun, ada beberapa hal yang dilakukan Dispendik Surabaya.

Kepala Dispendik Surabaya, Supomo menjelaskan, pihaknya bayak melakukan kegiatan untuk meningkatkan semangat anak berkreativitas. Baik dengan cara menghadirkan secara langsung, maupun online. Namun tetap sesuai dengan protokol kesehatan yang ketat.

"Seperti melakukan diskusi-diskusi. Dan kami bekerja sama dengan berbagai macam media. Seperti saya bekerja sama dengan media, saya hadirkan 5 anak. Satu anak yang punya gagasan, 4 anak membahas ide gagasan itu tadi. Nanti akan ditayangkan di tv," jelas Supomo di ruang kerjanya, Kamis (4/2/2021).

Kemudian, Dispendik Surabaya juga membuatkan podcast untuk anak didik. Di mana mereka akan talk show dengan narasumber yang didatangkan untuk diwawancarai.

Selain itu, juga meningkatkan kreativitas anak melalui sosial media. Seperti lomba TikTok yang tidak hanya berjoget saja, melainkan ada pesan dan tetap pada pendidikan.

"Karena situasi seperti ini, kami mengadakan kegiatan kreatif. Kemarin ada stand up comedy, lomba TikTok, macam-macam yang kemudian kita sesuaikan dengan kondisi pandemi," katanya.

Hal tersebut dilakukan agar anak-anak tetap bisa kreatif dan melakukan kegiatan positif. Meski dalam situasi pandemi COVID-19 dan terbatas, bukan berarti itu semua menghalangi siswa mengekspresikan bakat.

"Di dalam kegiatan, kami ingin mempertajam keberanian anak mengungkapkan gagasan, ide, cita-citanya apa saja agar mereka mampu mengeksplor semua kemampuannya. Arah penekanannya ke digital," pungkasnya.

(sun/bdh)