Longsor Susulan di Pujon, Jalur Malang-Kediri Kembali Tertutup Total

Muhammad Aminudin - detikNews
Kamis, 04 Feb 2021 22:04 WIB
longsor di malang
Jalur yang dibersihkan ini kembali longsor (Foto: Muhammad Aminudin)
Malang -

Sempat bisa dilalui meski buka tutup, jalur Malang-Kediri kembali tertutup. Itu setelah longsor susulan kembali terjadi.

Titik longsor berada di Dusun Kedungrejo, Desa Sukomulyo, Kecamatan Pujon, Kabupaten Malang. Ini merupakan titik longsor yang baru saja dibersihkan.

"Longsor susulan kembali terjadi di Dusun Kedungrejo, Desa Sukomulyo, titik longsor yang sudah berhasil dibersihkan 12 jam sebelumnya," ungkap Kapolsek Pujon AKP Supriyanto kepada detikcom, Kamis (4/2/2021).

Menurut Supriyanto, hujan deras kembali mengguyur wilayah Pujon mengakibatkan tebing dengan kemiringan 90 derajat tersebut longsor.

Meski hanya sepanjang 10 meter. Namun, membawa material cukup banyak hingga menutup badan jalan. "Sehingga jalur Malang-Kediri kembali tertutup total sampai material longsor dapat dibersihkan," tuturnya.

Supriyanto menambahkan, longsor tidak sampai menimbulkan korban karena arus lalu lintas dalam kondisi sepi. Penanganan sementara yang dilakukan adalah pengalihan arus kendaraan dari arah Kota Batu akan menuju Kediri.

"Karena sekarang juga masih hujan, maka pembersihan akan dilakukan setelah hujan reda," imbuh Supriyanto.

Polsek Pujon menghimbau kepada pengguna jalan akan menuju Kediri ataupun Jombang, dari arah Kota Batu untuk putar balik.

"Kalau saat perjalanan dari Pujon-Ngantang-Kasembon, saat hujan diharapkan hati-hati, karena kondisi jalur banyak tebing dan rawan longsor," pungkasnya.

Sebelumnya, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) bersama Dinas Bina Marga, TNI-Polri dan masyarakat dapat membersihkan material longsor di sejumlah titik, seperti di wilayah Pujon, Ngantang, serta Kasembon, sehingga jalur Malang-Kediri dapat kembali dilalui sore tadi.

(iwd/iwd)