Tiga Titik Longsor Susulan Makin Menutup Total Jalur Malang-Kediri

Muhammad Aminudin - detikNews
Kamis, 04 Feb 2021 00:36 WIB
longsor di malang
Pembersihan material longsor (Foto: Istimewa)
Malang -

Tingginya intensitas hujan di kawasan Malang barat mengakibatkan adanya longsor susulan. Ditambah evakuasi longsor yang belum selesai, akses jalan Malang-Kediri pun masih tertutup total.

Longsor susulan terjadi di Dusun Kedungrejo, Desa Sukomulyo dan Dusun Ngeprih, Desa Bendosari. Kedua titik longsor susulan itu masih berada di wilayah Kecamatan Pujon.

"Imbas dua titik longsor tersebut menutup akses jalur provinsi Malang-Kediri," kata Kapolsek Pujon AKP Supriyanto, Rabu (3/2/2021).

longsor di malangFoto: Istimewa

Satu titik longsoran susulan juga terjadi di Kasembon. Pohon tumbang disertai longsor terjadi di Dusun Boreh, Desa Pait, Kecamatan Kasembon, Kabupaten Malang. Material longsor dan pohon tumbang juga menutup total jalur menuju Malang-Kediri.

"Kami sampaikan kepada pengguna jalan, untuk putar balik. Karena ada pohon tumbang dan tanah longsor di Dusun Boreh, Desa Pait, Kecamatan Kasembon, akses jalan tertutup total," ujar Kapolsek Kasembon Iptu G Windhu Hadi.

Jalur Malang-Kediri melalui Kota Batu merupakan jalur berliku melintasi perbukitan. Hampir selama 24 jam, akses jalan provinsi menuju Kediri ini tertutup longsor di sejumlah titik.

Alat berat yang didatangkan berjibaku membersihkan material tanah yang menutup badan jalan. Namun pembersihan material longsor belum benar-benar selesai hingga malam. Polisi mengimbau pengguna jalan untuk berputar balik.

(iwd/iwd)