Demokrat Jember Nilai Kabar Iuran ke DPP Adalah Fitnah

Yakub Mulyono - detikNews
Kamis, 04 Feb 2021 19:07 WIB
dpc partai demokrat jember
Demokrat Jember loyal kepada AHY (Foto: Yakub Mulyono)
Jember -

DPC Partai Demokrat Jember menilai bahwa kabar pengurus DPP Partai Demokrat di bawah kepemimpinan Agus Harimurti Yidhoyono (AHY) kerap meminta iuran ke pengurus di bawahnya, hanyalah fitnah belaka. Partai Demokrat Jember selama ini melihat kredibilitas AHY sangat bagus dalam menakhodai partai besutan mantan presiden SBY itu.

"Nggak ada itu permintaan yang katanya upeti itu. Kami yang di DPC mengalaminya sendiri," kata Sekretaris DPC Partai Demokrat Jember Agusta Jaka Purwana, Kamis (4/1/2021).

Agusta lalu menceritakan pengalamannya ketika sejumlah pengurus DPP datang ke Jember untuk kegiatan monitoring. Saat itu, DPC Partai Demokrat Jember sudah menyiapkan kamar hotel untuk pengurus DPP tersebut.

"Bagi kita, mereka ini kan tamu ya. Wajar kalau kita menyiapkan sekadar fasilitas kamar untuk mereka beristirahat," kenang Agusta.

Di luar dugaan, para pengurus DPP ini ternyata memesan kamar sendiri. Tentu saja dengan biaya mereka sendiri juga.

"Mereka ternyata pesan kamar sendiri dan bayar sendiri. Jadi kamar yang kita siapkan akhirnya nggak ditempati. Ada beberapa orang. Jumlahnya saya lupa," kata Agusta.

Demikian juga saat momen Pilkada Jember lalu. DPP Partai Demokrat tak pernah menyinggung soal keuangan. Bahkan DPP malah mewarning agar kader Demokrat tak bermain politik uang.

"Kita di-warning agar tidak main-main di Pilkada. Terutama soal uang. Jadi nggak ada itu yang katanya DPP minta upeti," tegas Agusta.

Politikus yang juga anggota DPRD Jember ini menilai, isu upeti ini adalah firnah dalam upaya merongrong kewibawaan AHY. Sehingga AHY dicitrakan menjadi sosok pemimpin yang gagal.

"Tapi bagi kami di Jember, sudah tegas akan tetap loyal ke mas AHY. Bahkan sudah kita tuangkan dalam pernyataan sikap yang ditandatangani ketua DPC Demokrat Jember," pungkas Agusta.

(iwd/iwd)