Peristiwa Kambing Mati Misterius di Bondowoso Dikaitkan dengan Hal Mistis

Chuk Shatu Widarsha - detikNews
Kamis, 04 Feb 2021 13:34 WIB
Belasan kambing warga Sempol, Kecamatan Ijen mati misterius. Warga sekitar menghubungkan kejadian tersebut dengan hal mistis.
Kandang kambing warga Sempol, Kecamatan Ijen/Foto: Chuk Shatu Widarsha
Bondowoso -

Belasan kambing warga Sempol, Kecamatan Ijen mati misterius. Warga sekitar menghubungkan kejadian tersebut dengan hal mistis.

Sebab, meski kandang kambing dalam posisi tertutup dan terkunci serta dijaga setiap malam, tetap saja warga kecolongan. Pagi harinya, selalu ada kambing yang mati misterius.

"Tadi malam saja, masih ada kambing yang kena. Padahal setelah makin ramai, penjagaan juga makin ketat," kata Adi Mohamad, warga Sempol saat berbincang dengan detikcom, Kamis (4/2/2021).

Warga juga makin heran dengan kejadian tersebut, karena kandang kambing warga kebanyakan dibuat di atas seperti rumah panggung. Dindingnya pun dibuat dari papan kayu.

"Secara nalar memang tak masuk akal jika itu karena binatang buas. Mau masuk dari mana, wong sama sekali gak ada dinding atau pintu yang rusak," papar Adi.

Kejadian misterius tersebut tak ayal memunculkan beragam anggapan berbau mistis. Mulai anggapan bahwa kambing-kambing itu dimangsa 'grandong', dimakan genderuwo, hingga sebagai tumbal orang yang mencari pesugihan.

Hal-hal tersebut dipercaya warga. Sebab, dari keterangan warga, kejadian semacam itu (kambing mati misterius) sudah terjadi kali kesekian. Bahkan, sekitar 4 tahun lalu juga terjadi dengan korban kambing hingga puluhan ekor.

"Dulu juga begitu. Malah lebih banyak. Tapi tak seramai yang sekarang ini," terang Pak Suradi, warga desa lainnya.

Seperti diberitakan, warga Desa Sempol, Ijen, heboh. Belasan ekor kambing milik warga setempat mati mendadak maupun terluka tanpa diketahui penyebabnya.

Belum diketahui penyebab pasti kematian hewan piaraan mereka. Sebab, kambing mati misterius tersebut posisinya ada di dalam kandang. Biasanya baru diketahui pagi hari saat kandang dibuka untuk memberi makan.

Kondisi kambing tersebut memang tak semuanya mati. Tapi ada juga yang terluka hingga bagian kakinya tinggal tulangnya saja.

(sun/bdh)