Belasan Kambing di Bondowoso Mati Misterius, Siapa Pelakunya?

Chuk Shatu Widarsha - detikNews
Kamis, 04 Feb 2021 10:45 WIB
Warga Desa Sempol, Kecamatan Ijen mendadak heboh. Sebab, belasan kambing warga luka-luka dan mati secara misterius.
Kambing yang terluka di bagian kakinya/Foto: Chuk Shatu Widarsha
Bondowoso -

Belasan kambing warga Sempol, Kecamatan Ijen terluka dan mati misterius. Dinas terkait mengaku belum bisa memastikan penyebabnya.

"Kami memang baru dapat laporan, dan tim saat ini sedang meluncur ke sana untuk mengecek," kata Kepala Bidang Kesehatan Hewan, Dinas Pertanian dan Hortikultura Bondowoso, drh Cendy Herdiawan kepada detikcom, Kamis (4/2/2021).

Menurutnya, jika melihat lukanya, kemungkinan besar kambing-kambing tersebut dimangsa sejenis karnivora. Karena karnivora memang pemakan daging.

Yang paling memungkinkan, imbuhnya, karnivora tersebut sejenis anjing hutan. Yang oleh masyarakat kebanyakan sering disebut ajag. Karena kalau harimau atau beruang, dirasa tidak mungkin jika melihat kondisi daerah Ijen.

"Tapi kami belum memastikan. Coba saya cek dan selidiki dulu kondisinya di sana (tempat kejadian). Nanti saya kabari lagi hasilnya," tambahnya.

Sebelumnya, warga Desa Sempol, Ijen heboh. Belasan ekor kambing milik warga setempat mati mendadak. Ada juga yang terluka.

Belum diketahui penyebab pasti dari kematian hewan piaraan mereka tersebut. Sebab, kambing mati misterius tersebut posisinya ada di dalam kandang. Biasanya baru diketahui pagi hari saat kandang dibuka untuk memberi makan.

Kondisi kambing tersebut memang tak semuanya mati. Tapi ada juga yang terluka hingga bagian kakinya tinggal tulangnya saja.

(sun/bdh)