Ini Penampakan Lokasi yang Akan Dibangun Pasar Muamalah di Madiun

Sugeng Harianto - detikNews
Kamis, 04 Feb 2021 12:39 WIB
pasar muamalah madiun
Lokasi yang akan dibangun Pasar Muamalah di Madiun (Foto: Sugeng Harianto)
Madiun -

Pasar Muamalah yang transaksi jual belinya menggunakan dinar/dirham akan dibangun di Madiun. Lokasi pasar itu ada di RT 20 Dukuh Bendan, Dusun 1, Desa Teguhan Kecamatan Jiwan, Kabupaten Madiun.

Saat ini lokasinya masih berbentuk lahan bekas sawah seluas 1.400 meter persegi dan belum berpondasi. Lahan tersebut ditanami rumput gajah. Selain rumput gajah, ditanam pula kacang panjang lengkap dengan bambu untuk rambatan.

"Masih kosong, ini belum dibangun. Ditanami rumput gajah dan kacang panjang. Ini ikut Dukuh Bendan Dusun 1 desa Teguhan," ujar Yatmi, istri ketua RT 22 kepada detikcom di lokasi, Kamis (4/2/2021).

Suburnya rumput di lokasi dimanfaatkan warga untuk mencari untuk pakan ternak di lahan etrsebut. Sedangkan kanan kiri lahan tampak tanaman padi yang baru berumur sebulan.

pasar muamalah madiunLokasi yang akan dibangun Pasar Muamalah di Madiun (Foto: Sugeng Harianto)

"Pados suket niki, damel pakan wedus (cari rumput ini untuk pakan kambing)," kata Yatmi.

Pantauan detikcom, tanah yang akan di bangun Pasar Muamalah tersebut memang dekat dengan jalan Raya Jiwan Madiun ke arah Kecamatan Barat Magetan yang hanya sekitar 200 meter. Namun untuk menuju lokasi harus melewati perkampungan padat penduduk dengan lebar jalan tiga meter.

Lokasi tanah yang akan dibangun pasar merupakan jalan buntu dan tidak ada jalan tembusan, berjarak sekitar 500 meter dari kantor desa Teguhan.