Sungai-sungai Meluap, 15 Desa di Pasuruan Banjir

Muhajir Arifin - detikNews
Rabu, 03 Feb 2021 22:53 WIB
Sejumlah sungai di Kabupaten Pasuruan wilayah barat meluap akibat hujan deras. Luapan sungai menyebabkan banjir di permukiman sekitarnya.
Banjir di Pasuruan/Foto: Istimewa
Pasuruan - Sejumlah sungai di Kabupaten Pasuruan meluap akibat hujan deras. Sebanyak 15 desa dan kelurahan di 6 kecamatan dilanda banjir.

Banjir terjadi di Kecamatan Bangil, Gempol, Beji, Kraton dan Winongan. Di Kecamatan Bangil, banjir terjadi di Kelurahan Kalirejo, Kalianyar, Kolursari, Desa Manaruwi, Desa Tambakan dan Desa Ledok. Ketinggian banjir antara 50 sentimeter hingga ada yang mencapai 230 sentimeter.

"Banjir akibat luapan Sungai Kedunglarangan," kata Ichdar Machmud, warga Kolursari yang juga petugas BPBD Kabupaten Pasuruan, Rabu (3/2/2021).

Luapan sungai juga menyebabkan tanggul di Desa Manaruwi jebol. Tanggul ini sebelumnya pernah longsor.

Di Gempol, banjir terjadi di Desa Kejapanan, Desa Kepulungan dan Desa Karang Ploso. Banjir akibat luapan Sungai Kepulungan dan Kejapanan.

Sementara di Beji, dua desa yang selama ini langganan banjir yakni Kedungringin dan Kedungboto kembali terendam. Banjir akibat luapan Sungai Wrati.

Di Kecamatan Kraton, banjir menggenangi Desa Tambakrejo dan Desa Sidogiri akibat luapan Sungai Welang. Sementara di Winongan, banjir terjadi di Desa Prodo dan Bandaran.

Belum bisa dipastikan berapa desa yang terdampak banjir. Petugas BPBD masih berkonsentrasi di wilayah Bangil.

"Saya masih konsen di Kalirejo Bangil," kata Subandi, Staf Kedaruratan BPBD Kabupaten Pasuruan. (sun/bdh)