Pria di Lamongan Kepergok Curi Tanaman Hias, Kerugian Puluhan Juta Rupiah

Eko Sudjarwo - detikNews
Rabu, 03 Feb 2021 18:07 WIB
pencuri bunga hias di lamongan
Foto: Eko Sudjarwo
Surabaya -

Gegara tren tanaman hias, seorang warga Lamongan terpaksa ditangkap polisi. Pasalnya, pelaku nekat mencuri tanaman hias yang sedang ngetren. Seperti jenis aglonema di kios-kios bunga Lamongan.

Pelaku yakni S (35) warga Desa Sekarputih, Kecamatan Lamongan. S tertangkap tangan mencuri di deretan tanaman di kios bunga yang ada di Jalan Sumargo Lamongan. Aksi pencurian tanaman yang dilakukan S tersebut terbongkar setelah para pemilik kios geram karena beberapa kali kehilangan sepakat menggelar jaga malam.

Di hadapan petugas, S mengaku sudah 5 kali mencuri di deretan kios bunga yang ada di Jalan Soemargo. Tersangka berusia 35 tahun tersebut mengaku sudah beberapa kali melancarkan aksinya. Motifnya, pelaku ingin memiliki koleksi tanaman tersebut di rumahnya.

"Sudah 5 kali, (Tanaman) saya taruh di rumah saja, karena lagi ramai menanam," kata tersangka S di hadapan petugas Polsek Kota Lamongan, Rabu (3/2/2021).

Untuk sekali aksi, pelaku bisa membawa beberapa jenis tanaman hias dan memasukkan ke kantong plastik yang sudah disiapkan. Beragam tanaman hias mulai dari harga puluhan ribu hingga yang mahal pun digasak pelaku. Total tanaman yang berhasil diamankan dari tangan tersangka 30 buah dari berbagai jenis. Itu dilakukan mulai Desember 2020 hingga Januari 2021.

"Saya bawa sepeda motor, bunganya saya masukkan kresek (kantong plastik)," ujarnya.

Salah seorang pemilik stan bunga, Yuke mengaku, aksi pencurian di deretan kios bunga mereka ini berhasil dipergoki karena para pemilik kios mengaku geram setelah beberapa kali kehilangan tanaman. Kerugiannya pun beragam hingga puluhan juta rupiah. Mereka akhirnya sepakat menggelar jaga malam dan memergoki pelaku akan mengambil Bunga Sirih Gading di kios bunga milik Abu.

"Ada yang Rp 20 ribu, seperti jenis yang kalatea, jendron. Kalau yang sampai ratusan ribu itu seperti aglonema, monstera. Total kerugian ya lebih Rp 15 juta," kata Yuke menyebut nilai jual bunga yang dicuri tersangka.

Sementara Kapolsek Kota Lamongan, Kompol Budi Santoso mengungkapkan, selain mengamankan tersangka, pihaknya juga mengamankan barang bukti 30 bunga berbagai jenis serta sepeda motor. Pelaku, tandas Budi, juga ditahan untuk diminta keterangan dan penyelidikan lebih jauh.

"Tersangka kami jerat dengan Pasal 363 KUHP junto pasal 65 KUHP atau Pasal 53 KUHP junto Pasal 363 KUHP," pungkasnya.

(fat/fat)