RS Lapangan Joglo Dungus Madiun Diresmikan, 150 Bed Siap Tampung Pasien COVID

Sugeng Harianto - detikNews
Rabu, 03 Feb 2021 18:19 WIB
gubernur khofifah
Gubernur Khofifah di RS Lapangan Joglo Dungus (Foto: Sugeng Harianto)
Madiun -

Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa meresmikan Rumah Sakit Lapangan Joglo Dungus. RS di wilayah lereng Gunung Wilis ini ada di kawasan Rumah Sakit Paru Dungus, Kecamatan Wungu, Kabupaten Madiun.

"Ini upaya pengembangan pelayanan pasien COVID-19 wilayah Madiun raya. Rumah Sakit Joglo ini pertama terasa indah sekali. Keindahannya menjadi bagian yang penting untuk pasien COVID-19 karena mereka butuh suasana psikologi yang bikin happy hati bikin tenang gitu ya. Sehingga ini menurut saya punya keunggulan kompetitif dan keunggulan komparatif di luar dari kualitas layanan jadi area ini menurut saya menjadi bagian dari yang ikut memberikan percepatan penyembuhan," ujar Gubernur Khofifah kepada wartawan usai meresmikan Rumah Sakit Lapangan Joglo Dungus Madiun, Rabu (3/2/2021).

Dijelaskan Khofifah, RS Lapangan Joglo Dungus merupakan satu dari tiga RS Lapangan di Jatim yang memiliki fasilitas 150 unit bed. Diharapkan RS Lapangan Joglo Dungus bisa memutus rantai penyebaran COVID-19 di Madiun Raya dan Mataraman khususnya.

"Jatim memiliki tiga rumah sakit lapangan, yaitu RS Lapangan Indrapura Surabaya, RS Lapangan Ijen Boulevard Malang, dan RS Lapangan Joglo Dungus Madiun. RS ini ada di kabupaten Madiun tapi diperuntukkan untuk wilayah Mataraman luar Kabupaten Madiun. Ada 150 bed yang disiapkan," kata Gubernur Khofifah.

Khofifah menambahkan dirinya mengajak semua masyarakat untuk meningkatkan protokol kesehatan. "Ayo semua masyarakat meningkatkan protokol kesehatan menjelang berakhirnya PPKM yang kurang beberapa hari," kata Khofifah.

Didampingi Bupati Madiun H. Ahmad Dawami dan Walikota Madiun Maidi dan jajaran pejabat Pemprov Jatim, Khofifah melepas ratusan burung merpati untuk memperindah suasana RS Lapangan Joglo Dungus.

"Terimakasih untuk Gubernur atas penempatan RS Lapangan Joglo Dungus yang semoga bisa mampu memutus rantai penyebaran COVID-19 di Madiun Rata dan Mataraman khususnya," ujar Kaji Mbing sapaan akrab Bupati Madiun.

Selain meresmikan RS Lapangan Joglo Dungus Khofifah juga mengunjungi proses vaksinasi tenaga kesehatan di Puskesmas Mojourno.

Tonton video 'Corona RI 3 Februari: Tambah 11.984 Kasus, 9.135 Sembuh':

[Gambas:Video 20detik]



(iwd/iwd)