8 Wisatawan Sempat Terjebak Longsor Ijen, Bagaimana Nasibnya Sekarang?

Chuk S Widarsha - detikNews
Rabu, 03 Feb 2021 17:59 WIB
longsor di bondowoso
Salah satu wisatawan yang sempat terjebak longsor (Foto: Chuk S Widarsha)
Bondowoso - Delapan wisatawan terjebak longsor Ijen. Mereka sempat menginap di tengah hutan saat longsor terjadi. Bagaimana nasibnya sekarang?

Para wisatawan tersebut sudah terevakuasi atau sudah meninggalkan lokasi. Tetapi mobil mereka tak bisa keluar dari tempat tersebut karena akses jalan masih belum bisa terbuka. Mobil para wisatawan itu masih berada di lokasi di wilayah Ijen.

Kalaupun akses jalan sudah mulai bisa dilewati, hanya untuk kendaraan roda dua saja. Pembersihan material longsor sendiri terkendala cuaca karena masih sering turun hujan. Sehingga tim gabungan terpaksa berhenti lantaran berbahaya.

"Sementara hanya bisa untuk kendaraan roda dua. Mobil yang terjebak masih tetap tuh, di atas," kata Sekretaris BPBD Bondowoso Adi Sunaryadi ditemui detikcom saat ada di lokasi, Rabu (3/2/2021).

Diimbuhkan Adi, proses pembersihan material longsor agak tersendat karena cuaca yang sering berubah. Pun material longsornya juga cukup banyak yang menutupi jalan.

"Semoga besok sudah bisa dilewati mobil. Sehingga mobil yang terjebak itu bisa dievakuasi. Kasihan orangnya, nungguin mobilnya agar segera bisa pulang," pungkas Adi.

Adi menambahkan para wisatwan tersebut memang sudah bisa dievakuasi ke tempat aman di permukiman warga terdekat beberapa saat setelah kejadian atau pagi harinya. Namun mobilnya tetap tertahan karena tak dapat melintas.

Sebelumnya, bencana tanah longsor terjadi sejumlah titik di kawasan Ijen, Senin (1/2) sore. Akibatnya, akses jalan menuju Kawah Ijen tertutup total. Sebab, jalan tertutup material longsor.

Sebanyak 4 kendaraan roda empat berisi 8 wisatawan terjebak di antara titik longsor. Akibatnya, mereka harus bermalam di tengah hutan.

Para wisatawan tersebut awalnya berencana hendak rekreasi ke Kawah Ijen, meski mereka bukan berombongan. Namun terhalang karena terjadi lonsor di beberapa titik di akses menuju Kawah Ijen. (iwd/iwd)