BPBD: Sumber Dentuman di Malang Bukan Berasal dari Gunung Semeru dan Raung

Muhammad Aminudin - detikNews
Rabu, 03 Feb 2021 11:36 WIB
llustrasi telinga
Foto: llustrasi/thinkstock
Malang -

BPBD Kota Malang tengah menelusuri sumber dentuman yang terjadi sejak Selasa (2/2/2021) malam. Penyebabnya dipastikan bukan karena aktivitas Gunung Semeru ataupun Gunung Raung.

BPBD Kota Malang mengakui banyak warga yang menanyakan adanya suara dentuman yang terdengar sepanjang malam hingga dini hari tadi itu.

Pertanyaan dilontarkan masyarakat melalui akun twitter resmi milik BPBD Kota Malang. Setelah mereka berulang kali mendengar suara dentuman.

"Soal suara dentuman, banyak warga bertanya melalui twitter. Kami sudah konfirmasi ke BPBD Lumajang dan Banyuwangi. Bahwa suara dentuman bukan berasal dari Gunung Raung maupun Gunung Semeru," ujar petugas Pusdalops BPBD Kota Malang, Ilham Faturokhzi saat dikonfirmasi wartawan, Rabu (3/2/2021).

Hingga kini, BPBD Kota Malang tengah menelusuri sumber dari suara dentuman. Sebelum diketahui dari mana berasal, maka sumber dentuman belum dapat dipastikan.

Kepala Pusat Studi Kebumian dan Kegempaan Universitas Brawijaya (UB) Profesor Adi Susilo menyatakan, dentuman yang terdengar tak tercatat oleh alat sensor seismik yang dimiliki Stasiun Geofisika Malang, begitu juga BMKG Tretes, Kabupaten Pasuruan.

Dengan begitu, lanjut dia, sumber dentuman diduga kuat berasal dari permukaan tanah. Jika berasal dari bawah tanah, maka akan terekam sensor seismik.

Selanjutnya
Halaman
1 2