Samsat Ngopi di Mojokerto Kembali Dibuka untuk Pecah Konsentrasi Massa

Enggran Eko Budianto - detikNews
Selasa, 02 Feb 2021 18:32 WIB
samsat ngopi
Samsat Ngopi (Foto: Enggran Eko Budianto)
Mojokerto -

Samsat dan Satpas Ngoro Persada Industri (Ngopi) Sanika Satyawada yang sempat ditutup sejak awal pandemi COVID-19, kembali dibuka. Pembukaan kembali Samsat Ngopi ini untuk memecah konsentrasi massa pemohon perpanjangan SIM dan pembayaran pajak kendaraan di Samsat induk.

Samsat Ngopi yang terletak di kawasan industri Ngoro, Desa Lolawang, Kecamatan Ngoro mulai dibuka hari ini. Kapolres Mojokerto AKBP Dony Alexander didampingi Kasat Lantas AKP Randy Asdar dan Kapolsek Ngoro Kompol Jingga Novriyanto mengecek pelayanan pembayaran pajak kendaraan bermotor dan perpanjangan SIM di tempat ini.

"Kami ingin meningkatkan kembali pelayanan kepada masyarakat untuk efektivitas dan efisiensi waktu, juga di tengah pandemi COVID-19 supaya tidak terjadi pemumpukan masyarakat di Samsat induk," kata Dony kepada wartawan di lokasi, Selasa (2/2/2021).

Samsat dan Satpas Ngopi ditutup sejak awal pandemi COVID-19 pada Maret 2020. Selama ini, pelayanan pembayaran pajak kendaraan dipusatkan di Samsat induk di Jalan Jayanegara, Kecamatan Puri. Sedangkan pengurusan SIM baru dan perpanjangan SIM dipusatkan di Satpas yang berada di kantor Satlantas Polres Mojokerto, Jalan Gajah Mada, Kecamatan Mojosari.

Menurut Dony, selama ini pelayanan di Samsat dan Satpas induk sudah mematuhi protokol kesehatan (Prokes). Dibukanya kembali Samsat dan Satpas Ngopi bakal mempermudah penerapan prokes kepada para pemohon perpanjangan SIM maupun masyarakat yang ingin membayar pajak kendaraannya.

"Dengan dibukanya Samsat Ngopi ini tidak membuat masyarakat terkonsentrasi di satu titik," terangnya.

Tidak hanya itu, lanjut Dony, pembukaan kembali Samsat dan Satpas Ngopi juga untuk memudahkan masyarakat yang ingin membayar pajak kendaraan atau perpanjangan SIM. Khususnya bagi masyarakat yang tinggal jauh dari Samsat induk, seperti warga Kecamatan Ngoro, Trawas, Pungging, Pacet dan Mojosari.

"Tadi kami ambil sampel beberapa masyarakat yang hadir. Ada dari warga Pacet, lebih jauh kalau ke Samsat induk. Dengan peningkatan pelayanan di Samsat Ngopi ini mudah-mudahan bisa memberikan efektivitas dan efisiensi waktu untuk masyarakat," jelasnya.

Tahun ini, Dony berjanji akan membuat inovasi pelayanan pembayaran pajak kendaraan dan perpanjangan SIM secara online.

"Kami masih menyiapkan server untuk pelayanan online bekerjasama dengan beberapa vendor. Sesuai arahan Kapolri dan Kapolda Jatim menuju Polri 4.0 dan transformasi dari Polri profesional modern terpercaya (Promoter) ke Polri yang Presisi," pungkasnya.

(iwd/iwd)