Berburu Ikan Dengan Senapan, Hobi Baru Ngetren di Pesisir Banyuwangi

Ardian Fanani - detikNews
Minggu, 31 Jan 2021 08:15 WIB
Hobi Baru Ngetren di Pesisir Banyuwangi, Berburu Ikan dengan Senapan
Berburu ikan dengan senapan (Foto: Ardian Fanani/detikcom)
Untuk memudahkan mata melihat buruan di dalam air, para sniper ini wajib memakai kacamata hitam. Jika hanya mengandalkan penglihatan mata telanjang, maka perburuan akan sulit dilakukan karena pantulan sinar matahari.

Menurut Imron, saat membidik pun tidak boleh langsung diarahkan lurus dengan target. Hal ini disebabkan hukum fisika yang akan membelokkan laju benda ketika melaju di dalam air.

"Harus diperkirakan arah ikan berenang. Minimal incar di titik 5 sampai 10 cm dari sasaran. Kalau membidik tepat sasaran pasti pelurunya berbelok," katanya.

Diakui Imron, hobi ini baru-baru saja digemarinya. Imron dan rekan-rekannya merupakan penembak burung yang beralih hobi menjadi penembak ikan yang tergabung ke dalam komunikasi Sniper Ikan Banyuwangi (SIWANGI).

Hobi Baru Ngetren di Pesisir Banyuwangi, Berburu Ikan dengan SenapanBerburu Ikan dengan Senapan/ Foto: Ardian Fanani

"Karena bosan akhirnya beralih berburu ikan dengan senapan ini. Kasihan juga kalau burung-burung terus diburu," jelas Imron.

Menurut Imron, semua senapan angin bisa digunakan untuk perburuan ikan. Hanya saja senapan harus dimodifikasi terlebih dahulu. Moncong senapan, dimodifikasi dengan tambahan gulungan senar. Amunisi yang digunakan pun bukan peluru timbal seperti biasanya, namun menggunakan peluru besi panjang.

"Pelurunya bisa pakai jeruji velg motor. Dipotong sekitar 18 cm. Jeruji tersebut langsung terikat dengan senar. Untuk lubang mengisi amunisi di senapan juga harus sedikit dimodifikasi," kata Imron.

Sementara itu salah satu sniper ikan lainnya, Agus Ariyanto (28) mengakui, selain ikan, senapan tersebut juga bisa digunakan untuk berburu cumi-cumi. Namun tingkat kesulitannya lebih tinggi.

"Bisa juga untuk berburu cumi-cumi. Namun lebih sulit, kalau tidak tepat di tengah pasti lolos. Cumi-cumi beda sama ikan, karena tubuhnya mudah sobek," ungkap Ari, salah satu warga Banyuwangi yang juga menggemari hobi Sniper ikan tersebut.


(fat/fat)