Diduga Terpeleset, Pemancing Asal Pati Ditemukan Tewas Tenggelam

Arif Syaefudin - detikNews
Jumat, 29 Jan 2021 17:14 WIB
Proses evakuasi jenazah pemancing yang tewas tenggelam di Pati, Jumat (29/1/2021)
Proses evakuasi jenazah pemancing yang tewas tenggelam di Pati (Foto: dok. Istimewa)
Pati -

Seorang pemancing, Damin (65) ditemukan tewas tenggelam di bantaran sungai yang tak jauh dari rumahnya Desa Panjunan, Kabupaten Pati, Jawa Tengah. Damin diduga terpeleset dan tenggelam pagi tadi.

"Adanya orang mancing terpeleset terseret arus sungai Dukuh Ngeluk Desa Panjunan Kecamatan Pati menuju Sungai Silugonggo Dukuh Ngantru Desa Mustokoharjo," kata Kapolsek Pati, Iptu Sahlan, dalam keterangan tertulisnya, Jumat (29/1/2021)

Peristiwa itu terjadi sekitar pukul 10.00 WIB tadi. Salah seorang saksi melihat korban memancing seorang diri di pinggir sungai sebelum ditemukan tewas.

Namun belakangan, saksi lainnya melihat tas berisi peralatan memancing tergeletak di pinggir sungai. Saksi itu juga melihat caping hanyut terbawa arus sungai.

"Datang Pak Legiman bermaksud untuk memancing. Namun ia melihat ada peralatan pancing dan tas tergeletak di tepi sungai, dan diketemukan tutup kepala caping milik korban terseret arus sekitar 10 meter selanjutnya saksi minta tolong warga untuk mencari korban," terangnya.

Sahlan mengatakan usai mendapatkan laporan itu, tim gabungan dari BPBD, TNI dan kepolisian lalu melakukan penyisiran di bantaran sungai setempat. Setelah beberapa jam pencarian korban akhirnya ditemukan dalam kondisi sudah meninggal dunia.

"Bersama-sama melaksanakan pencarian di TKP, dan pada pukul 13.00 WIB. Korban diketemukan oleh warga yang ikut mencari dengan jarak kurang lebih 300 meter dari TKP, di sungai turut Desa Gajahmati," terangnya.

Jenazah korban lalu dievakuasi dan diperiksa oleh tim medis. Korban dinyatakan meninggal karena kehabisan napas.

"Dilaksanakan pengecekan dari Inafis Polres Pati dan Puskesmas Pati 1, dan tidak ditemukan adanya tanda-tanda kekerasan. Keluarga menerima kejadian tersebut, selanjutnya langsung dimakamkan oleh keluarga," pungkasnya.

(ams/sip)