Abu Janda Nge-twit soal 'Islam Arogan', Ini Kata PWNU Jatim

Abu Janda Nge-twit soal 'Islam Arogan', Ini Kata PWNU Jatim

Amir Baihaqi - detikNews
Jumat, 29 Jan 2021 17:00 WIB
Wakil Ketua Tanfidziyah PWNU Jatim KH Abdusalam Sokhib
Wakil Ketua Tanfidziyah PWNU Jatim KH Abdusalam Sokhib (Foto: Amir Baihaqi/detikcom)
Surabaya -

Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama (PWNU) Jawa Timur buka suara soal cuitan Permadi Arya alias Abu Janda yang menyebut 'Islam arogan' saat twit war dengan Tengku Zulkarnain. PWNU Jatim menilai cuitan Abu Janda merupakan ketidaktahuan soal Islam.

"Ya jelas pernyataan yang sangat disayangkan lah. Tak patut membicarakan tentang dia tidak tahu dan punya kemampuan di situ," terang Wakil Ketua Tanfidziyah PWNU Jatim KH Abdusalam Sokhib kepada detikcom, Jumat (29/1/2021).

Tak hanya itu, Abdusalam juga menilai Abu Janda sebagai orang yang tidak jelas statusnya, apalagi kemampuannya dalam bidang keilmuan. Untuk itu ia mengimbau agar masyarakat tidak mendengarkan apa yang disampaikan oleh Abu Janda.

"Menurut saya orang-orang yang statusnya tak jelas, kemampuannya juga tak jelas, bicaranya juga tak jelas dengan kemampuannya yang dimiliki tak perlu didengarkan," ujar pria yang akrab disapa Gus Salam itu.

"Ya yang tentang agama ya kita dengarkan kita ikuti orang yang kapasitas di masalah agama. Kalau dengan birokrasi ya kita dengar orang yang lebih tahu tentang itu," imbuhnya.

Gus Salam lantas mengutip sebuah hadist soal bahayanya suatu perkara yang diserahkan kepada orang yang tidak tepat atau tidak punya kemampuan di bidangnya. Dan hal itu sering diingatkan Gus Dur.