Rekomendasi ITS Keluar, Lajur Tol Surabaya-Gempol yang Ditutup Sudah Dibuka

Amir Baihaqi - detikNews
Jumat, 29 Jan 2021 11:56 WIB
Lajur Tol Surabaya-Gempol di KM 6+200 atau di Perak-Waru yang sempat ditutup karena longsor, sudah dibuka kembali. Pembukaan itu dilakukan setelah rekomendasi ITS keluar.
Lajur Tol Surabaya-Gempol sudah dibuka/Foto: Amir Baihaqi
Surabaya -

Lajur Tol Surabaya-Gempol di KM 6+200 atau di Perak-Waru yang sempat ditutup karena longsor, sudah dibuka kembali. Pembukaan itu dilakukan setelah rekomendasi ITS keluar.

Dalam rekomendasi dari Tim Mekanika Tanah dan Batuan ITS, jalan tol sudah boleh dilewati. "Sudah, tadi malam pukul 21.00 WIB sudah dibuka," ujar Kanit PJR Jatim 2 AKP Roni Faslah saat dihubungi detikcom, Jumat (29/1/2021).

"Dibuka karena sudah keluar rekomendasinya. Dan dinyatakan telah aman dilalui kendaraan semua golongan. Kalau belum ada mana berani kita membuka," terang Roni.

Meski sudah bisa dilalui semua golongan kendaraan, lanjut Roni, dalam rekomendasi itu disebutkan bahwa untuk masing-masing lajur telah diatur sesuai golongan kendaraan.

"Tetap kita atur lalu lintasnya agar lajur 3 untuk kendaraan di atas golongan 1. Lajur 2 hanya untuk kendaraan golongan 1 saja. Itu sesuai rekomendasi," tandas Roni.

Sebelumnya, ruas Jalan Tol Surabaya-Gempol longsor di KM 6+200 jalur A. Akibatnya satu lajur yang mengarah ke Gempol ditutup sementara.

Kala itu Roni mengatakan, lokasi longsornya jalan berada di jalur arah Dupak mengarah ke Waru. Ada pun kedalamannya mencapai 1,5 meter dan panjang 25 meter.

"Lokasi tepatnya longsor dari Dupak ke arah Waru. Kedalaman 1,5 meter panjang 25 meter," ujar Roni kepada detikcom, Rabu (27/1).

Lihat video saat 'Ruas Tol Surabaya-Gempol Longsor, Truk Muatan Berat Dilarang Melintas':

[Gambas:Video 20detik]



(sun/bdh)