Bupati dan Wakilnya serta Kapolres Lumajang Tak Lolos Vaksinasi COVID-19

Nur Hadi Wicaksono - detikNews
Kamis, 28 Jan 2021 20:52 WIB
Vaksinasi COVID-19 dimulai di Lumajang. Namun bupati dan wakilnya, serta Kapolres Lumajang tak memenuhi syarat untuk vaksinasi.
Vaksinasi COVID-19 di Lumajang/Foto: Nur Hadi Wicaksono
Lumajang -

Vaksinasi COVID-19 dimulai di Lumajang. Namun bupati dan wakilnya, serta Kapolres Lumajang tak memenuhi syarat untuk vaksinasi.

Vaksinasi COVID-19 di Lumajang, secara simbolis diikuti oleh Forkopimda, tokoh agama serta tokoh masyarakat. Vaksinasi digelar di Pendopo Kabupaten Lumajang.

Namun dari 19 orang yang akan divaksin Sinovac, hanya 7 orang yang bisa menjalani vaksinasi. Bupati Lumajang Thoriqul Haq dan Kapolres Lumajang AKBP Eka Yekti Hananto Seno tidak bisa divaksin lantaran pernah positif COVID-19.

Sementara Wakil Bupati Lumajang Indah Amperawati tidak bisa divaksin lantaran punya komorbid. Menurut Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Lumajang Bayu Wibowo, peserta vaksinasi terlebih dahulu melakukan tahapan pemeriksaan atau screening dan harus dinyatakan sehat.

Dari hasil pemeriksaan atau screening, hanya 7 orang yang bisa menjalani vaksinasi COVID-19. Yaitu Ketua DPRD Lumajang, Dandim 0821 Lumajang, Ketua PPNI, Ketua IBI, Ketua PC NU Lumajang, Kepala Kemenag Lumajang dan Kabag Ren Polres Lumajang.

"Dari 19 orang Forkopimda dan tokoh masyarakat hanya ada 7 orang yang bisa menjalani vaksinasi setelah lolos screening," ujar Bayu kepada detikcom, Kamis (28/01/2021).

Kemudian mereka yang sudah menjalani vaksinasi COVID-19, mengaku tidak ada keluhan apa pun. Ia berharap, masyarakat tidak meragukan kehalalan dan keamanan vaksin Sinovac.

"Sekitar 20 menit dari menerima vaksin saya tidak ada keluhan baik pusing maupun yang lainnya. Vaksin Sinovac ini halal dan aman," ujar Ketua DPRD Kabupaten Lumajang Anang Akhmad Syaifudin.

Meski demikian, usai divaksin Sinovac, protokol kesehatan harus tetap dilaksanakan. Dengan rajin mencuci tangan di air yang mengalir, serta menjaga jarak dan memakai masker.

"Saya sudah menerima vaksinasi COVID-19 dan hingga 30 menit ini tidak ada keluhan apa pun yang saya rasakan. Saya mengimbau kepada masyarakat untuk tetap mematuhi protokol COVID meskipun sudah divaksin," ujar Dandim 0821 Lumajang Letkol Andi Wibowo.

(sun/bdh)