Penjelasan LAPAN soal Ledakan Keras di Mojokerto

Enggran Eko Budianto - detikNews
Kamis, 28 Jan 2021 19:21 WIB
Ini Penampakan Lokasi Ledakan Keras yang Guncang Mojokerto
Lokasi ledakan yang mengguncang Mojokerto/Foto: Enggran Eko Budianto
"Kalau meteor atau asteroid ada bekas tumbukan di tanah berupa lubang. Kalau kena benda keras pasti akan hancur. Sebesar bola kaki bisa menghancurkan pesawat, atap rumah karena kecepatannya sangat tinggi," tambahnya.

Ledakan keras di lahan bekas tambang pasir milik Muslikh (60) di Dusun Watuumpak, Desa Kepuhpandak, Kecamatan Kutorejo mengakibatkan kobaran api yang membumbung tinggi. Api juga membakar timbunan sampah di dua kubangan bekas tambang tersebut. Yakni kubangan sisi utara dan selatan yang dipisahkan jalan dan kebun jagung.

Selain mendengar suara ledakan yang sangat keras, warga Desa Mojotamping, Kecamatan Bangsal yang berada di sebelah utara titik ledakan, juga merasakan rumah mereka bergetar. Beruntung tidak ada korban jiwa maupun kerusakan pada rumah penduduk.

Sementara sejumlah warga Dusun Mlaten, Desa Mojotamping meyakini, ledakan tersebut dipicu sebuah bola api yang melayang dari utara ke selatan, atau ke arah lokasi ledakan. Mereka mengaku menyaksikan bola api yang memancarkan cahaya oranye tersebut melayang sekitar 25 meter dari tanah sesaat sebelum ledakan terjadi. Benda langit itu membuat kaca sejumlah rumah warga bergetar.


(sun/bdh)