Saat Wali Kota Pasuruan Jadi Contoh Vaksinasi COVID-19

Muhajir Arifin - detikNews
Kamis, 28 Jan 2021 13:19 WIB
Vaksinasi COVID-19 di Kota Pasuruan resmi dimulai. Wali Kota Raharto Teno Prasetyo jadi orang pertama yang disuntik.
Wali Kota Raharto Teno Prasetyo jadi orang pertama yang disuntik/Foto: Muhajir Arifin
Pasuruan - Vaksinasi COVID-19 di Kota Pasuruan resmi dimulai. Wali Kota Raharto Teno Prasetyo jadi orang pertama yang disuntik.

Vaksinasi perdana digelar di Gedung Untung Suropati, Kantor Pemkot Pasuruan, Jalan Pahlawan, Kamis (28/1/2021). Selain Teno, 10 pejabat dan tokoh masyarakat ikut dalam vaksinasi.

Teno divaksin pertama kali. Dokter menyuntikkan vaksin Sinovac melalui bahu kirinya. Usai divaksin, Teno kemudian menuju ruang observasi.

"Hari ini saya melaksanakan vaksinasi COVID-19 yaitu penyuntikan vaksin Sinovac untuk yang pertama. Saya mengimbau seluruh elemen masyarakat Kota Pasuruan untuk tidak takut divaksin untuk menekan penyebaran COVID-19," kata Teno.

Menurut Teno, vaksinasi COVID-19 sama dengan suntik pada umumnya. "Alhamdulillah nggak ada rasanya. Clekit begitu saja," imbuhnya.

Selain Teno, pejabat dan tokoh masyarakat serta tokoh agama juga mengikuti vaksinasi. Mereka yakni Kapolres Pasuruan Kota AKBP Arman, Kasdim Pasuruan 0819/Pasuruan Mayor Czi Sultoni, Ketua DPRD Ismail Marzuki, Kadinkes dr Shierly Marlena, Direktur RSUD dr R Soedarsono dr Burhan, Kepala Kemenag Munif Armuza, Perwakilan IDI dr Yoni, Perwakilan NU KH Nailur Rohman dan Perwakilan MUI.

Namun 2 di antaranya ditunda karena kontra indikasi vaksinasi COVID-19 dalam screening. "Bukan diganti ya, tapi ditunda. Akan diagendakan lagi," terang Kadinkes Kota Pasuruan, Shierly Marlena. (sun/bdh)